alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Analisa Kapten Vincent Penyebab Sriwijaya Air Jatuh, Singgung Petir

Pebriansyah Ariefana | Chyntia Sami Bhayangkara Selasa, 12 Januari 2021 | 07:20 WIB

Analisa Kapten Vincent Penyebab Sriwijaya Air Jatuh, Singgung Petir
Kapten Vincent Raditya. [Yuliani/Suara.com]

Bukan karena faktor cuaca, tapi....

SuaraKalbar.id - Pilot sekaligus YouTuber Kapten Vincent Raditya menduga, penyebab Sriwijaya Air jatuh, bukan karena faktor cuaca.

Dia menduga ada penyebab lain yang membuat pesawat tersebut jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno - Hatta, Sabtu (9/1/2021).

Pernyataan itu disampaikan oleh Kapten Vincent Raditya saat menjadi pembicara dalam acara Prime News CNN TV, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Vincent, faktor cuaca diperkirakan sangat kecil membuat pesawat Sriwijaya Air jatuh. Walaupun sebelum kejadian, penerbangan Sriwijaya Air rute Jakarta - Pontianak itu sempat ditunda karena hujan ringan.

Baca Juga: Anggota Polantas Sidoarjo Salat Gaib Doakan Korban Sriwijaya Air SJ-182

"Saya mungkin salah karena belum punya data, tapi sepengetahuan saya cuaca bukan satu hal yang (jadi penyebab), kecuali cuaca ekstrem," kata Vincent seperti dikutip Suara.com, Senin (11/1/2021).

Vincent menjelaskan, berbagai cuaca baik dan buruk menjadi suatu hal yang selalu dihadapi pilot setiap hari saat melakukan penerbangan.

"Cuaca itu sesuatu yang kita (pilot) hadapi sehari-hari. Penerbangan berjadwal, kami akan selalu bertemu dengan cuaca hujan, petir," ungkap Vincent.

Dalam menghadapi berbagai cuaca saat mengudara, pilot dilengkapi dengan alat bernama radar agar bisa menghindari sel-sel aktif atau cuaca buruk yang dapat mengganggu penerbangan.

Kapten Vincent saat diwawancarai (YouTube/cnntv)
Kapten Vincent saat diwawancarai (YouTube/cnntv)

Menurut Vincent, jika cuaca saat itu memang benar-benar buruk, seharusnya akan mengganggu penerbangan lainnya juga, tidak hanya pesawat Sriwijaya Air yang mengangkut 62 orang itu.

Baca Juga: MUA Pontianak Jadi Korban Sriwijaya Air, Suami Berharap Ada Keajaiban

"Kalau dibilang (masalah) cuaca, kenapa enggak pesawat lain juga begitu (jatuh), tapi pesawat lain baik-baik saja. Sebenarnya cuaca buruk itu hal biasa yang dihadapi ketika kita terbang," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait