alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sosoknya Viral, Gadis Kalteng Jadi Penjual Sayur Keliling Ogah Minta-minta

Husna Rahmayunita Selasa, 04 Mei 2021 | 11:27 WIB

Sosoknya Viral, Gadis Kalteng Jadi Penjual Sayur Keliling Ogah Minta-minta
Penjual sayur keliling di Kalteng viral. (Instagram)

Banyak yang dibuat salut dengan aksi gadis itu.

SuaraKalbar.id - Sosok perempuan penjual sayur keliling baru-baru ini jadi perbincangan dan viral di media sosial. Dia adalah Jiah Nor Pajarya, perempuan asal Kalimantan Tengah (Kalteng).

Jiah Nor Pajarya mencuri perhatian setelah membagikan postingan tentang pekerjaannya di media sosial. Banyak yang dibuat salut dengan aksi gadis berparas cantik itu.

Dia rela panas-panasan menjajakkan sayuran dan makanan keliling dengan sepeda motor. Baginya, pekerjaan itu lebih mulia dibadingkan meminta-minta.

Dalam wawancaranya dengan 1tulah.com (jaringan Suara.com), Jiah pun mengungkap kisah di balik perjuangannya jadi penjual sayur keliling.

Baca Juga: Viral, Pelaku Ganjal ATM di Cibinong Bogor Kepergok Warga

Perempuan 19 tahun itu mengaku ini dilakukan untuk membantu perekonomian keluarganya.

Setelah lulus SMA, dia tak melanjutkan kuliah karena terkendala biaya. Hingga akhirnya memutuskan berdagang sayur mayur, makanan dan es keliling.

"Pekerjaan ini lebih mulai dari pada meminta-minta," ujarnya belum lama ini.

Penjual sayur keliling di Kalteng viral. (Instagram)
Penjual sayur keliling di Kalteng viral. (Instagram)

Menurut pengakuan Jiah, kakak tertuanya kuliah di UPR Palangkaraya dan adiknya paling bungsu masih duduk di bangku SD.

Karena faktor ekonomi, dia dan ibunya secara terpisah berkeliling jualan es dan makanan cepat saji, seperti resoles, dadar gulung, pay susu, sosis jumbo, pento udang.

Baca Juga: Anak Pindah Rumah Tak Mengabari, Nenek Pulang Jalan Kaki Kehabisan Ongkos

Terkadang, penjual cantik itu juga berjualan sayur mayur, berkeliling ke rumah-rumah warga. Semua dilakoninya dengan ikhlas, tak lain untuk  membantu perekonomian keluarga.

Meski berjualan keliling, Jiah Nor Pajarya tak malu. Malahan sosok gadis yang lahir 22 Februari 2002 ini dikenal ulet, ramah dan cekatan saat melayani pembeli.

"Sejak kecil saya sudah berjualan ikut membantu ekonomi keluarga. Saya juga tak melanjutkan kuliah, biar kakak dan adik yang bersekolah. Saya sudah putuskan membantu ekonomi keluarga. Ini bakti saya terhadap orangtua dan pekerjaan inipun halal,” sambugnya

Pun saat ditanya soal omset yang peroleh, dia mengatakan keuntungan yang dia dapat dalam sebulan bisa mencapai Rp 400 ribu.

Kendati omzet yang dia dapatkan setiap bulannya tidak terlalu banyak, tapi Jiah selalu bersyukur, tidak patah arang untuk mencapai cita-cita yang dia impikan.

“Saya tetap yakin dengan doa dan kerja keras, kedepan pasti akan ada keajaiban untuk kami dan keluarga. Kalu citat-cita tentu sama dengan orang lain menjadi pengusaha sukses, sehingga ibuku yang sudah tua ini, tidak bekerja keras lagi” ungkap Jiah.

Dia pun menyemangati generasi milenial sekarang, untuk menjadi pemuda dan pemudi mandiri serta mampu menghasilkan uang sendiri.

"Kita sebagai generasi muda harus bisa menghasilkan uang sendiri, khususnya juga untuk para wanita, harus bisa mencari uang sendiri. tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait