alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa Direncanakan, Ini 4 Manfaat Melakukan Meal Planning

Dinar Surya Oktarini Selasa, 31 Agustus 2021 | 14:36 WIB

Bisa Direncanakan, Ini 4 Manfaat Melakukan Meal Planning
Ilustrasi Makanan Sehat.

Ini 4 manfaat melakukan meal planning.

SuaraKalbar.id - Salah satu cara mudah untuk mengatur menu makanan di rumah adalah dengan Meal planning atau yang biasa disebut meal plan. 

Ini biasanya dilakukan oleh keluarga atau individu yang menerapkan perencanaan makan, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan.

Dikatakan AIFO Nutrisionis dan Dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta II Retno Ayu Widyastuti, meal planning dilakukan untuk menyesuaikan gizi harian.

"Meal planning itu kita akan menyesuaikan bahan makanan sesuai kebutuhan gizi harian kita. Jadi dalam sehari kita buat list makanan apa yang mau kita makan, termasuk camilannya," ungkapnya.

Baca Juga: Rencanakan dari Sekarang, Ini 4 Manfaat Tak Terhingga Melakukan Meal Planning

Makanan sehat (Emvato)
Makanan sehat (Emvato)

Retno juga menyebut tentang beberapa manfaat meal planning di rumah. Seperti dijabarkan di bawah ini.

1. Mengonsumsi makanan yang sesuai
Dalam merencanakan meal planning, salah satu manfaatnya adalah bisa mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi harian kita. Dengan melakukan cara tersebut, ini juga bisa menjadi pelajaran terkait pola makan yang dikonsumsi secara harian.

2. Bisa mengatur sesuai porsi
Retno mengatakan, manfaat meal planning bisa menjadi cara untuk mengatur pola makan sesuai porsi. Sebab dengan makan yang berlebihan dan tidak sesuai porsi, dampaknya bisa kelebihan gizi. Jika makan sesuai porsi, kita tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Meningkatkan varian bahan makanan
Meal planning juga bisa meningkatkan varian bahan makanan contohnya hari Senin makan wortel, Selasa makan buncis, Rabu makan bayam, dan sebagainya. "Jadi kita selama seminggu makannya gak wortel terus," ungkap Retno lebih lanjut.

4. Bisa membantu orangtua
Ketika orangtua di rumah bingung mau makan apa, sebagai anak kita bisa memberikan saran terkait makanan yang mau dikonsumsi selama harian. Dengan begitu, ini bisa meringankan beban pikiran orangtua.

Baca Juga: Dikonsumsi Kylie Jenner, Simak Berbagai Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan

"Dengan kita membuat meal planning dan kita berikan ke orangtua, itu bisa membantu mereka. Tentunya, kita bisa memilih bahan makanan yang lebih sehat," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait