alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemilu 2024, Pemilih Pemula Palangkaraya Capai 12 Ribu Lebih

Riki Chandra Selasa, 23 November 2021 | 22:28 WIB

Pemilu 2024, Pemilih Pemula Palangkaraya Capai 12 Ribu Lebih
Ketua KPU Kota Palangkaraya, Ngismatul Choiriyah. [Dok.ANTARA]

Jumlah pemilih pemula di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada pemilihan umum atau Pemilu 2024 mendatang mencapai 12.000 orang lebih.

SuaraKalbar.id - Jumlah pemilih pemula di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada pemilihan umum atau Pemilu 2024 mendatang mencapai 12.000 orang lebih. Hal ini dinyatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palangkaraya, Ngismatul Choiriyah.

"Nanti pada Pemilu 2024 ada 12.000 lebih pemilih pemula di Kota Palangkaraya. Saat ini mereka masih bersekolah di kelas 10, 11 dan 12," kata Ngismatul, Selasa (23/11/2021).

Sejak saat ini, KPU terus menggencarkan sosialisasi terhadap para siswa tersebut mengenai pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan umum.

Di sisi lain, penyelenggara pemilihan umum tingkat Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga terus melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Baca Juga: Penyederhanaan Surat Suara, KPU Berharap Bisa Tekan Anggaran Pemilu 2024

"Berdasar surat edaran KPU RI, sejak Pilkada 2020 lalu, sampai saat ini kami terus melakukan pemutakhiran data berkelanjutan. Artinya secara berkala kami melakukan pembaharuan daftar pemilih," kata Ketua Komisi Pemilihan Palangka Raya itu.

Ngismatul mencontohkan, pemutakhiran data itu seperti penghapusan data daftar pemilih jika yang bersangkutan meninggal dunia atau pindah alamat di luar Kota Palangka Raya.

Selain itu, juga dilakukan penambahan jika ada masyarakat yang berpindah menjadi warga Kota Palangka Raya.

"Data ini akan kami perbaharui setiap akhir bulan. Dapat dilihat di laman resmi KPU Kota Palangka Raya. Jika ada perubahan data atau warga yang belum masuk daftar pemilih silahkan lapor ke kami," kata wanita berhijab itu.

Sementara itu, berdasar data yang dirilis KPU Kota Palangka Raya, sampai Oktober lalu jumlah warga "Kota Cantik" yang masuk dalam daftar pemilih berkelanjutan mencapai 183.661 orang.

Baca Juga: Desain Surat Suara Disederhanakan Supaya Permudah Pemilu 2024

Jumlah itu terdiri dari 91.068 laki-laki dan 92.593 perempuan. Jumlah itu berasal dari lima kecamatan yang terdiri dari 30 kelurahan. Data itu akan terus diperbaharui dan akan diunggah ke laman resmi KPU Kota Palangka Raya di https://kota-palangkaraya.kpu.go.id. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait