facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

16 Tim Sepak Bola Ikuti Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022

Bella Selasa, 05 Juli 2022 | 22:18 WIB

16 Tim Sepak Bola Ikuti Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022
Kiri ke Kanan - M. Jaelani Saputra (Komite Pertandingan), Aji Jaya Bintara (Ketua Pelaksana), Fary Djemy Francis (Ketua Dewan Pengarah), Abdullah Azam (Sekjen Akademi Nusantara Bersatu) dalam konferensi pers Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/7/2022). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

16 tim dari akademi sepak bola di Indonesia akan meramaikan Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club dan Stadion Pakansari, Bogor

SuaraKalbar.id - 16 tim dari akademi sepak bola di Indonesia akan meramaikan Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club dan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 16-31 Juli.

Ketua Pelaksana Aji Jaya Bintara mengatakan tim atau akademi yang akan berlaga di Piala Prabowo Subianto 2022 sudah melalui proses seleksi.

Pada edisi pertama, Aji mengatakan 70 akademi dari seluruh Indonesia ikut mendaftar pada turnamen yang mempertandingkan kategori usia 16 tahun ini, namun setelah melalui riset terukur akhirnya terpilih 16 akademi.

"Pemilihan 16 akademi ini berdasarkan riset terukur dari prestasi tiga tahun terakhir. Kami pun mengundang delapan akademi dari tim Liga 1 dan delapan non-Liga 1 yang dikenal luas sebagai penghasil bakat-bakat sepak bola terbaik," kata Aji dalam konferensi pers di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Selasa.

Baca Juga: Modus Pemuda Selundupkan Solar Bersubsidi di Bogor, Pelaku Jual Untuk Pengerjaan Proyek di Wilayah Bekasi

Mengenai kategori usia, lanjut Aji, usia 16 tahun adalah masa transisi dari pembinaan ke kompetisi.

"Biasanya pada usia 17 tahun, atlet akan teken kontrak dengan tim profesional. Dari sisi pengembangan juga masih ada waktu untuk menuju standar internasional," kata dia.

Ketua Dewan Pengarah Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 Fary Djemy Francis mengatakan 30-35 pemain terbaik akan mendapat beasiswa masuk Akademi Nusantara Bersatu.

"Akademi Nusantara Bersatu ini hadir atas inisiasi bapak Prabowo Subianto yang ingin melakukan pembinaan terhadap pesepak bola usia dini 16 tahun. Dengan begitu nantinya Indonesia memiliki talenta-talenta pesepak bola kelas dunia, sebab akademi ini nantinya akan dibuat berstandar internasional dengan hadirnya pelatih-pelatih Eropa," kata Fary.

30 sampai 35 pemain yang mendapat beasiswa dipilih berdasarkan rangkaian sistem terintegrasi.

Baca Juga: Hasil Survei Terbaru Capres di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Bersaing Ketat dengan Anies Baswedan

"Dan ini turnamen pertama yang menggunakan full big data analisis dalam menilai setiap pemain. Jadi pemain akan dinilai dari beberapa aspek, khususnya tiga aspek yakni mental, teknik, dan fisik," kata Aji.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait