Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kronologi Nakes RSUD Singkawang Positif Covid-19

Husna Rahmayunita Jum'at, 25 September 2020 | 06:20 WIB

Kronologi Nakes RSUD Singkawang Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19.(Pixabay/fernandozhiminaicela)

Temuan kasus ini menambah daftar kasus positif Covid-19 di wilayah tersebut.

SuaraKalbar.id - Pandemi Covid-19 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat belum mereda. Terkini seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Aziz Singkawang dinyatakan positif virus corona.

Temuan kasus ini menambah daftar kasus positif Covid-19 di wilayah tersebut.

Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi menerangkan sebelum dinyatakan positif corona, nakes tersebut sempat mengeluhkan sejumlah keluhan.

Ia menderita demam, batuk pilek, hingga kehilangan indra penciuman. Selepasa itu kemudian dilakukan tes swab dan hasilnya positif.

"Hasil 'swab test'-nya (tes usap) keluar pada minggu lalu, yang mana pasien menunjukkan gejala, seperti demam, batuk, pilek, dan kehilangan penciuman," ujarnya di Singkawang, Kamis, (24/9/2020).

Setelah dilakukan pemeriksaan spesimen usap di laboratorium dengan alat Test Cepat Molekuler (TCM), ternyata hasilnya positif terkonfirmasi Covid-19.

Swab kontak

Mengetahui temuan tersebut, pihak rumah sakit lantas melakukan tes swab kepada nakes lainnya yang sempat menjalin kontak dengan pasien.

"Untuk menindaklanjuti tenaga kesehatan tersebut, dikarenakan ada gejala, maka dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang, sedangkan rekan-rekan yang berada di ruang poliklinik terpaksa diliburkan selama dua hari (Sabtu dan Senin) serta dilakukan pemeriksaan 'swab' untuk petugas poliklinik dan apotek," beber Ruchanihadi.

Setidaknya ada 60 orang petugas poliklinik dan apotek yang menjalani tes usap dan tinggal menunggu hasilnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait