alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lezatnya Istimewa, Mencicipi Kuliner Pacri Nanas Khas Kalimantan Barat

Arendya Nariswari Sabtu, 24 Oktober 2020 | 11:15 WIB

Lezatnya Istimewa, Mencicipi Kuliner Pacri Nanas Khas Kalimantan Barat
Ilustrasi nanas. (Sumber: Shutterstock)

Berkunjung ke Kalimantan Barat, sajian pacri nanas ini tak boleh dilewatkan.

SuaraKalbar.id - Berwisata ke Kalimantan Barat, tak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik untuk disambangi. Kuliner Kalimantan Barat pun jangan sampai Anda lewatkan, seperti pacri nanas berikut ini. 

Kuliner pacri nanas ini paling nikmat jika disantap dengan sambal ebi dan sayur terong. Rasanya yang begitu khas, membuat pacri nanas menjadi salah satu sajian yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung ke Kalimantan Barat. 

Teksturnya yang lembut dan berserat, berbalut cita rasa asam, manis, dan gurih mudah membuat siapa pun jatuh hati.

Saat disajikan, pacri nanas nan segar kerap dilengkapi aneka topping macam potongan ayam, telur puyuh, daging sapi hingga terong.

Menggunakan buah nanas utuh sebagai komponen utama, seporsi pacri nanas terdiri dari potongan buah nanas dengan ketebalan setengah sentimeter yang dicuci hingga hilang getahnya.

Sajian ini kian sempurna dengan rempah macam bawang putih, bawang merah, pala, jahe, kapulaga, sereh, cengkeh dan bunga lawang.

(Instagram Rinrin Jamrianti)
(Instagram Rinrin Jamrianti)

Tak heran dengan sederet keistimewaannya, seporsi pacri nanas kerap dihidangkan sebagai lauk utama di meja makan banyak keluarga di Kalimantan Barat.

(Instagram Tata Zoe Egie)
(Instagram Tata Zoe Egie)

Selain populer di Kalimantan Barat, pacri nanas juga dapat ditemukan dijajakan di beberapa daerah di Indonesia, antara lain di Aceh dan Medan.

Wah, menarik sekali ya sajian pacri nanas khas Kalimantan Barat ini? Kalian tertarik untuk mencicipinya saat liburan nanti?

(Galih Prihatmojo)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait