alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suplemen dan Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni Senin, 30 November 2020 | 08:00 WIB

Suplemen dan Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Apa Saja?
Ilustrasi sayur sup ayam. (Shutterstock)

Konsumsi makanan yang mencakup susu, keju dan krim bisa membuat tulang lebih kuat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

SuaraKalbar.id - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa pandemi virus corona Covid-19 sekarang sangatlah penting. Hal itu dapat ditempuh dengan melengkapi asupan protein. Asupan protein yang cukup dalam makanan bisa meningkatkan jumlah endrofin dalam tubuh yang pada akhirnya juga berkaitan dengan kekebalan tubuh.

Ahli diet, Jane Clarke pun memiliki cara tersendiri untuk meredakan gejala pilek. Ia merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi sup kaldu tulang.

"Saya sangat suka semangkuk sup kaldu tulang untuk menghangatkan tubuh di sore hari ketika musim dingin," ujar Jane Clarke dikutip dari Express.

Jane Clarke mengatakan kaldu tulang sangat mudah dicerna ketika seseorang kurang nafsu makan atau kesulitan makan. Sup kaldu tulang kaya asam amino yang membantu mengurangi peradangan usus.

Baca Juga: Sudah Suntik Vaksin, Apakah Kebal Covid-19 ? Ini Penjelasan Eijkman

Kandungan dalam kaldu tulang ini juga membantu menyerap antioksidan dalam sayuran yang dikonsumsi lebih baik.

Ilustrasi makan (Pixabay/Free Photos)
Ilustrasi makan (Pixabay/Free Photos)

Selain itu, kaldu tulang juga mengandung elektrolit termasuk kalium yang bagus untuk mengatasi sakit perut di musim dingin.

Anda juga bisa mengonsumsinya untuk mengatasi sakit flu. Karena, menghirup uap hangat bisa membantu membuka gelombang udara dan mengurangi pembentukan lendir.

Cara membuat sup kaldu tulang, Anda hanya membutuhkan tulang sapi dengan sumsumnya, seledri, daun bawang, wortel, bawang putih, bawang bombay, minyak ziatun dan beberapa macam lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga membutuhkan asupan vitamin D untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena, vitamin D penting untuk penyerapan kalsium penguat tulang, terutama di musim dingin.

Baca Juga: Belum Ada Bukti Kekebalan Bertahan Usai Divaksin, Ini Penjelasan Eijkman

"Vitamin D bisa diproduksi oleh kulit ketika terkena sinar matahari. Tapi, musim dingin membuat tubuh membutuhkan vitamin D 10 mcg setiap harinya," ujar Jane.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait