alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Asupan Antipenuaan, Tomat dan Kopi Termasuk!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana Selasa, 19 Januari 2021 | 15:13 WIB

7 Asupan Antipenuaan, Tomat dan Kopi Termasuk!
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Tomat juga meningkatkan kesehatan jantung dan bermanfaat untuk mata serta paru-paru.

SuaraKalbar.id - Menjaga asupan makanan sangatlah penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Beberapa makanan bahkan bisa manjadi antipenuaan yang dapat meningkatkan harapan hidup dan membuat Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Melansir dari Healthshots, berikut adalah makanan sehat antipenuaan yang berfungsi meningkatkan kesehatan, antara lain:

1. Air

Tetap terhidrasi menurunkan risiko pembekuan darah dan meningkatkan energi Anda. Air adalah kebutuhan dasar hidup manusia karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air.

Baca Juga: Tak Perlu Repot, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Air juga membantu membawa nutrisi ke sel, membuang limbah dari kandung kemih, mencegah sembelit, membantu pencernaan, menstabilkan detak jantung, serta melindungi organ dan jaringan.

2. Buah Berry

Stroberi, raspberry, dan blueberry adalah pembangkit antioksidan. Kandungan antioksidan dapat membantu mencegah penyakit dan kerusakan sel.

Buah beri membantu meningkatkan kesehatan gula darah, memberikan nutrisi, membantu melawan peradangan, menurunkan kadar kolesterol, melindungi dari kanker, dan menyehatkan kulit.

3. Tomat

Baca Juga: Langka di Pasaran, Ini 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh

Tomat merupakan sumber antioksidan likopen yang melawan radikal bebas di mana memengaruhi sistem kekebalan dan merusak sel. Tomat kaya akan vitamin, kalium, dan nutrisi lain yang membantu mencegah penyakit pada usus besar, pankreas, mulut, tenggorokan, leher rahim, dan payudara.

Tomat juga meningkatkan kesehatan jantung dan bermanfaat untuk mata serta paru-paru.

4. Sayuran Hijau

Makan secangkir sayuran hijau setiap hari dapat membantu Anda hidup lebih lama. Sayuran hijau rendah kalori dan dikemas dengan serat, mineral, dan vitamin.

Sayuran hijau membantu mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stabilitas mental.

5. Kopi

Minum kopi dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer yang biasanya menyerang pada usia lanjut.

Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)

6. Teh hijau

Minum teh hijau dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Teh hijau mengandung senyawa bioaktif dan antioksidan yang meningkatkan fungsi otak, melindungi otak dari penuaan, dan menurunkan risiko kanker.

7. Makanan kaya probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang terkait dengan kekebalan dan kesehatan usus yang lebih baik. Probiotik berada dalam makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, kefir, acar, dan asinan kubis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait