alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Cuma Sakit, Ini yang Terjadi saat Organ Vital Pria Terkena Benda Keras

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah Minggu, 24 Januari 2021 | 21:45 WIB

Tak Cuma Sakit, Ini yang Terjadi saat Organ Vital Pria Terkena Benda Keras
Ilustrasi kesehatan reproduksi lelaki, penis. (Shutterstock)

Rasa sakit muncul karena alat vital lelaki tidak memiliki 'perlindungan', seperti tulang atau lapisan lemak,.

SuaraKalbar.id - Banyak dari pria pernah mengeluhkan organ vital sakit karena terkena bola atau benda keras lain secara tidak sengaja.

Rasa sakit ini muncul karena alat vital lelaki tidak memiliki 'perlindungan', seperti tulang atau lapisan lemak, yang dapat melindungi dari kekuatan benda tumpul.

Bahkan, menurut Manscaped, pukulan kecil saja dapat mentransfer semua kekuatan ke seluruh penis dan testis.

Tidak hanya itu, penis juga memiliki banyak ujung saraf yang membuat pukulan kecil saja bisa terasa menyakitkan. Rasa sakit ini bisa menjalar ke perut karena langsung terhubung dengan saraf di skrotum.

Baca Juga: Testis Gatal Terus-Menerus? Ketahui 5 Kemungkinan Penyebabnya!

"Jadi, ketika testis dipukul atas diperas, saraf mengirimkan sinyal ke bagian atas perut. Itulah sebabnya perut terasa sakit saat 'bagian itu' ditendang," jelas Darius Paduch, MD, Ph.D., direktur kesehatan seksual dan kedokteran di Weill Cornell Medicine.

Ilustrasi penis, ejakulasi, mr p (Pixabay/derneumann)
Ilustrasi penis (Pixabay/derneumann)

Selain sakit perut, dampak lainnya adalah pusing, mual, atau bahkan, muntah. Efek ini adalah hal yang wajar.

"Ini karena refleks vagal, di mana sinyak saraf di testis Anda berjalan ke sumsum tulang belakang dan batang otak dan mengaktifkan pusat mual serta muntah di otak Anda," sambungnya, dilansir Mens Health.

Umumnya, kondisi ini akan berlangsung selama 10 hingga 15 menit. Namun, jika melebihi waktu tersebut dan ditandai dengan rasa sakit terus-menerus, mual, memar, bengkak, muntah, hingga pendarahan, harus segera menghubungi dokter.

"Dalam kasus ini, Anda memerlukan USG skrotum sesegera mungkin untuk menentukan apakah testis rusak. Skenario terburuknya adalah testis Anda pecah," ujar Paduch.

Baca Juga: Nyentrik, Ada Masker Mirip Testis Lelaki, Siapa Mau Pakai?

Jika ini terjadi, orang tersebut harus menjalani operasi dalam waktu 24 jam, atau kemungkinan memerlukan pengangkatan testis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait