alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapuas Hulu Bakal Miliki Terminal Barang Internasional, di Sini Lokasinya

Husna Rahmayunita Senin, 22 Februari 2021 | 15:48 WIB

Kapuas Hulu Bakal Miliki Terminal Barang Internasional, di Sini Lokasinya
Ilustrasi terminal barang internasional (31/5).[Suara.com/Arief Hermawan P]

Terminal tersebut ditarget rampung tahun 2022.

SuaraKalbar.id - Kabar baik datang bagi warga Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sebab, sebentar lagi Kapuas Hulu bakal memiliki terminal barang internasional.

Adapun lokasi terminal barang internasional tersebut berada di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, perbatasan RI- Malaysia.

Pembangunan terminal barang internasional tersebut sejatinya ditarget rampung tahun ini. Namun karena adanya pandemi Covid-19, pembangunan diperkirakan selesai 2022.

Kepala Balai Perhubungan Darat wilayah Kalimantan Barat Kementerian Perhubungan Syamsuddin mengatakan total anggaran pembangunan terminal barang internasional mencapai Rp 120 miliar.

Baca Juga: Kasus Pengadaan Ikan Arwana, Polisi Periksa Kadis Perikanan Kapuas Hulu

" Terminal barang internasional Badau sedang dibangun, harusnya selesai tahun ini, tetapi terkendala Covid-19 anggaran dipotong sehingga diperkirakan selesai Tahun 2022," ujar Syamsuddin, kepada Antara, di Putussibau, Minggu (21/2/2022).

Syamsuddin menyampaikan, pembangunan terminal barang internasional itu dilakukan secara bertahap.

Untuk tahun ini masih dikerjakan, yang seharusnya anggaran Rp 35 miliar, tetapi karena Covid-19 dipotong Rp 25 miliar, sehingga yang dilaksanakan tahun 2021 ini hanya Rp 10 miliar.

Tak hanya di Kapuas Hulu, kata dia. pemerintah juga akan membangun terminal barang internasional di daerah perbatasan wilayah Kabupaten Sintang pada Tahun 2025.

" Untuk terminal barang di perbatasan Sungai Kelik Sintang itu sudah dibahas dan dilakukan penetapan lokasi, kemungkinan mulai dibangun Tahun 2025 sekaligus dengan pembangunan border yang di dalamnya juga akan ada terminal barang dan orang," papar Syamsuddin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait