alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mantap, Singkawang Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran di Indonesia

Husna Rahmayunita Jum'at, 26 Februari 2021 | 15:11 WIB

Mantap, Singkawang Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran di Indonesia
Kota Singkawang, Kalimantan Barat. (Antara/Edi Supendri)

Ini berdasarkan survei Setara Institute.

SuaraKalbar.id - Singkawang, Kalimantan Barat termasuk dalam daftar kota paling toleran di Indonesia pada 2020. Ini berdasarkan survei Setara Institute.

Ada 10 kota paling toleran yang dinobatkan oleh Setara Institute. Kota Singkawang ranking dua, sedangkan juaranya adalah Kota Salatiga di Jawa Tengah.

Setara Institute melakukan penilaian kepada 94 kota di seluruh Indonesia dan Singkawang masuk 10 besar Indeks Kota Toleran (IKT) 2020.

Adapun kesepuluh kota tersebut yaitu Salatiga, Singkawang, Manado, Tomohon, Kupang, Surabaya, Ambon, Kediri, Sukabumi, dan Bekasi.

Baca Juga: Tewaskan Satu Orang, Dua Harimau Lepas dari Sinka Zoo Akhirnya Tertangkap

Mengutip dari pgi.or.id, Setara Institute melaunching dan memberikan penghargaan kepada 10 besar kota paling toleran di Indonesia.

Mereka menobatkan kota Salatiga, sebagai kota dengan indeks paling toleran, lantaran salah satunya arah dan rencana pembangunannya secara tegas menyebutkan ihwal peningkatan toleransi di wilayah itu.

Untuk menentukan scoring tingkat kota toleran, Setara Institute menggunakan skala numerik dengan rentag nilai 1-7 yang menggambarkan rentang gradatif dari kualitas buruk ke baik.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat. (Antara/Jessica Helena Wuysang)
Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat. (Antara/Jessica Helena Wuysang)

Dalam hal ini artinya, 1 merupakan skor untuk situasi buruk pada masing-masing indikator untuk mewujudkan kota toleran. Sedangkan skor 7 adalah scoring untuk situasi baik pada masing-masing indikator untuk mewujudkan kota toleran tersebut.

Sementara utuk pemilihan kota sebagai objek kajian didasarkan pada asumsi bahwa komposisi penduduk di perkotaan lebih heterogen jika dibandingkan dengan kabupaten.

Baca Juga: 5 Fakta Cap Go Meh yang Identik dengan Tahun Baru Imlek

Kondisi heterogenitas ini meniscayakan tingkat toleransi yang tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait