alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Agar Tidak Sembelit saat Puasa, Jangan Lupa Konsumsi 5 Buah Ini

Yasinta Rahmawati Sabtu, 17 April 2021 | 16:35 WIB

Agar Tidak Sembelit saat Puasa, Jangan Lupa Konsumsi 5 Buah Ini
Ilustrasi makan buah. (Shutterstock)

Selain pepaya, buah berikut juga bisa menghindarkan Anda dari sembelit.

SuaraKalbar.id - Saat puasa Ramadan, beberapa orang mungkin memiliki masalah dengan sembelit. Sebab saat puasa, orang cenderung meminimalisir aktivitas fisik dan tidak memperhatikan pola makan seimbang serta hidrasi yang kurang.

Tentunya kondisi sembelit ini akan membuat perut tidak nyaman dan aktivitas beribadah bisa terganggu. Untuk menghindari sembelit saat puasa, lima buah ini bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa.

1. Pepaya

Mengutip dari Healthline, orang-orang di negara tropis seperti Indonesi menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) lainnya. Ini dikarenakan enzim papain pada pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna.

Baca Juga: Resep Es Buah Jadul Manis dan Segar, Cocok Buat Menu Buka Puasa

2. Jeruk

Berbagai jenis jeruk adalah camilan menyegarkan dan sumber serat yang baik. Buah jeruk juga kaya akan serat larut pektin, terutama di bagian kulitnya. Pektin dapat mempercepat waktu transit kolon dan mengurangi sembelit. Selain itu, buah jeruk mengandung flavanol yang disebut naringenin, yang dapat berkontribusi pada efek positif buah jeruk pada sembelit.

Buah jeruk, kulit jeruk (Pixabay/Pixel2013)
Buah jeruk, kulit jeruk (Pixabay/Pixel2013)

3. Kiwi

Buah mungil ini tak hanya kaya serat yang dianggap dapat melawan sembelit. Enzim yang dikenal sebagai actinidain di dalamnya juga diduga bertanggung jawab atas efek positif buah kiwi pada motilitas usus dan kemudahan buang air besar.

4. Apel

Baca Juga: Pernah Menyusui Saat Puasa, Sakdiyah Ma'ruf: Terima Kasih Warung Tetap Buka

Apel juga memiliki serat larut pektin. Di usus, pektin dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek , yang menarik air ke usus besar, melunakkan tinja dan mengurangi waktu transit usus. Sehingga, dapat meredakan sembelit.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait