alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cek Apa yang Anda Konsumsi, Ini 4 Penyebab Warna Urine Berubah

Yasinta Rahmawati Sabtu, 17 April 2021 | 19:30 WIB

Cek Apa yang Anda Konsumsi, Ini 4 Penyebab Warna Urine Berubah
Ilustrasi menahan kencing. (Shutterstock)

Beberapa makanan dapat memecah nutrisi yang mengubah warna urine.

SuaraKalbar.id - Untuk melihat seberapa terhidrasi Anda, warna urine bisa menjadi indikator yang bagus. Sebab warna urine bisa berubah tergantung berapa banyak air atau cairan lain (dari sayur/buah) yang Anda konsumsi.

Urine sendiri dapat muncul dalam berbagai warna berbeda, seperti merah muda, kemerahan, coklat tua, oranye muda, kuning cerah dan bahkan biru.

Nah, sebelum panik melihat warna urine yang berbeda dari biasanya, coba ingat dulu apa yang sebelumnya Anda makan. Karena terkadang perubahan warna urine ini terjadi akibat apa yang Anda makan dan tidak perlu dikhawatirkan.

Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa makanan yang dapat memecah nutrisi yang mengubah warna urine.

Baca Juga: Bukan Hanya Untuk Mata! Ini 3 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

1. Makanan dengan pewarna cerah

Bukan karena makanan itu sendiri, melainkan akibat pewarna makanan yang terkandung di dalamnya. Misalnya saja: sereal warna-warni, minuman ringan, dan snack tertentu. Beberapa pewarna makanan bisa mengubah kencing Anda menjadi hijau, menurut Mayo Clinic.

Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]
Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]

2. Wortel

Pernah mendengar bahwa makan banyak wortel dapat membuat kulit Anda menjadi oranye? Hal itu karena kandungan beta-karoten dalam wortel, yang merupakan pigmen yang membuat wortel berwarna oranye.

Warna oranye, atau sedikit kecokelatan biasanya paling menonjol di telapak tangan dan telapak kaki, menurut Cleveland Clinic. Namun tak hanya kulit, beta-karoten itu juga bisa mengubah kencing Anda menjadi oranye terang.

Baca Juga: Buah Naga dan 9 Manfaat Kesehatannya untuk Tubuh

3. Vitamin C

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait