alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dodol Khas Kayong Utara Jadi Buruan Jelang Lebaran, Penjual Semringah

Husna Rahmayunita Rabu, 12 Mei 2021 | 16:13 WIB

Dodol Khas Kayong Utara Jadi Buruan Jelang Lebaran, Penjual Semringah
Dodol khas Sukadana, Kayong Utara, Kalbar. (Antara/Rizal)

Penjual kebanjiran pesanan dodol.

SuaraKalbar.id - Tak hanya momen silaturahmi, Lebaran juga identik dengan aneka camilan menggunggah selera. Salah satu yang menjadi buruan warga yakni dodok khas Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar).

Satu di antara penjual dodol di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Eka mengaku kebanjiran permintaan menjelang lebaran Idul Fitri 1442 H.

Saking banyaknya pesanan, omsetnya pun menembus ratusan juta rupiah.

“Meski lebaran tahun ini masih di masa pandemi COVID -19, permintaan dodol masih tinggi dan pesanan dari mana- mana. Omset untuk saat ini sekitar Rp200 jutaan,” ujarnya saat dihubungi Antara, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Dear Gen-Z, Ikuti 4 Tips Ini agar THR Lebaran Lebih Awet dan Meaningful

Eka mengatakan untuk memenuhi pesanan pelanggannya musim Lebaran tahun ini, dia sampai membuat dodol 4 ton lebih  dengan delapan  jenis varian  rasa yang  berbeda- beda.

"Kalau hari biasa paling 40- 50  kilogram saja saya buatnya karena pesanan tidak banyak. Namun Alhamdulillah saat ini sudah main ton,"terangnya.

Varian rasa dodol Sukadana tang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari rasa keribang, labu, ketan itam, kacang hijau, pepaya, nanas, cengkarok, dan  ubi jalar.

Tak hanya dijual secara lokal di Kalbar, dodok Kayong Utara juga dijajakkan ke luar provinsi.

"Pontianak, Ketapang dan daerah hulu, kalau luar daerah sudah orang lain yang menjualnya bukan saya lagi. Semoga ini terus memberi berkah dan membuka lapangan kerja. Doakan kami terus lancar,” katanya.

Baca Juga: Pemerintah Akui Kebijakan Larangan Mudik Lebaran Belum Sempurna

Salah satu pelanggannya Azizah mengatakan, kalau setiap Lebaran ini kerap memesan dodol buatan Eka.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait