alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ratusan Masjid di Mempawah Gelar Salat Idul Fitri, Warga Wajib Patuh Prokes

Husna Rahmayunita Rabu, 12 Mei 2021 | 16:34 WIB

Ratusan Masjid di Mempawah Gelar Salat Idul Fitri, Warga Wajib Patuh Prokes
Ilustrasi salat Idul Fitri. [ANTARA FOTO]

Ada 238 masjid di Mempawah akan menggelar salat Idul Fitri.

SuaraKalbar.id - Lebaran sebentar lagi, ibadah kembali dilaksanakanan di tengah pandemi. Di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, ratusan masjid akan menggelar salat Idul Fitri 1442 H, besok Kamis (13/5/2021).

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Mempawah, Ustadz Muhammad Solihin menuturkan setidaknya ada 238 masjid yang akan menggelar salat Idul Fitri.

Warga pun diperbolehkan salat di masjid, asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna mencengah penularan Covid-19.

"Patut dengan protokol kesehatan merupakan upaya kita bersama agar tidak menjadi klaster baru Covid-19. Saya berharap, takmir dan jemaag salat idul Fitri menjaga prokes," ujarnya seperti dikutip dari suarakalbar.co.id (jaringan Suara.com).

Baca Juga: Habib Rizieq Dikabarkan Akan Jadi Imam dan Khatib Salat Idul Fitri di Rutan

Ustadz Solihin mengungkapkan, sebanyak 238 takmir masjid di Kabupaten Mempawah telah menyampaikan konfirmasi akan melaksanakan Salat Idul Fitri dan diprediksi jumlahnya akan bertamabh,

“Jumlah ini akan menjadi lebih banyak, karena pengurus surau/musala juga akan melaksanakan Salat Ied. Menurut
saya ini baik, agar tidak terjadi penumpukan jamaah di masjid atau surau/musala tertentu,” katanya.

Demi keamanan bersana, dia meminta agar dalam pelaksanaan Salat Idul Fitri, baik takmir maupun jamaah mengikuti Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H sesuai Surat  Agama RI Nomor 7 Tahun 2021

“Masyarakat harus memahami, bahwa kita masih dalam situasi pandemi. Jadi sekali lagi mohon jaga prokes dengan ketat,” tegas dia.

Ustadz Solihin menganjurkan, sebelum berangkat ke masjid/lapangan terbuka untuk Salat Idul Fitri, jemaah hendaknya dalam keadaan sehat, membawa sajadah bersih yang dibawa dari rumah, mencuci tangan dan kaki serta juga berwudhu.

Baca Juga: Salat Idul Fitri di Masjid Agung Syekh Yusuf Terapkan Protokol Kesehatan

Selain itu, warga diimbau langsung pulang ke rumah masing-masing begitu salat berakhir dan tak melakukan kontak fisik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait