alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini 5 Cara Agar Ketupat Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi

Sapri Maulana Jum'at, 14 Mei 2021 | 05:55 WIB

Ini 5 Cara Agar Ketupat Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi
Ilustrasi. Warga menata kulit ketupat di Blok Kupat Caringin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Simak 5 tips berikut ini

SuaraKalbar.id - Saat lebaran, salah satu sajuan yang sering kita jumpa ialah ketupat. Cara agar ketupat tahan lama tidaklah sulit. Hal tersebut harus memperhatikan tingkat kematangan. Lebaran memang terasa kurang jika tidak adanya ketupat. 

Simak 5 tips berikut ini:

Memilih Daun Kelapa 

Pertama agar ketupat anda tetap segar adalah memperhatikan dari segi bahan utamanya. Gunakan daun kelapa atau janur sebagai pembungkus ketupat tersebut. 

Baca Juga: Hari Pertama Lebaran, Polda Metro Jaya Putar Balik 896 Kendaraan

Hindari memilih daun kelapa yang terlalu muda. Hal ini dapat menyebabkan ketupat anda cepat berkeringat dan basi. Pilihlah yang berwarna kuning kehijauan. 

Tambahkan Air Kapur Sirih pada Beras

Selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah air kapur sirih. Namun anda harus memperhatikan komposisi ketika anda menambahkan air kapur tersebut pada beras sebelum dimasukkan ke dalam selongsong ketupat.

Jangan lupa tambahkan garam agar ketupat anda memiliki cita rasa yang gurih. Fungsi dari air kapur sirih adalah agar ketupat awet kenyal dan tahan lama. 

Menambahkan Air Panas pada Rebusan

Baca Juga: Momen Lebaran, Ady Setiawan Berharap Hasil Terbaik untuk Timnas Indonesia

Ketika perebusan, anda dapat menambahkan air panas pada rebusan tersebut. Ini dilakukan ketika tengah-tengah proses perebusan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait