alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sandiaga Uno Takjub, Baru Tahu Tempat Wisata Ini Ada di Kayong Utara

Husna Rahmayunita Selasa, 18 Mei 2021 | 15:31 WIB

Sandiaga Uno Takjub, Baru Tahu Tempat Wisata Ini Ada di Kayong Utara
Menparekraf Sandiaga Uno di Pantai Lampuuk Aceh (Dok. Kemenparekraf)

Selama ini populer, ternyata ada di Kayong Utara.

SuaraKalbar.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus mengembangkan potensi pariwisata di Indonesia.

Terbaru, Sandiaga Uno bertemu dengan Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad di Jakarta untuk membahas kolaborasi pariwisata.

Menariknya, dalam pertemuan itu, Menparekraf dibuat takjub dengan tempat wisata di Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar).

Sebelumnya saat presentasi, Effendi menjelaskan tentang destinasi wisata di Kayong Utara yang memiliki banyak potensi, mulai dari Taman Nasional Gunung Palong hingga Pulau Karimata yang masuk dalam cagar alam laut.

Baca Juga: Pasca Tragedi Maut Kedung Ombo, Ganjar Minta SOP Tempat Wisata Diaudit

"Kemudian, Kayong Utara ini tahun 2016 merupakan tuan rumah Sail Selat Karimata," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (18/5/2021).

Ia menyebutkan Kayong Utara memiliki 103 pulau dan yang berpenghuni hanya 14 Pulau, sisanya kosong.

Latihan tari untuk pembukaan Sail Karimata 2016 di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Senin (3/10/2016). [Antara/Jessica Helena Wuysang]
Latihan tari untuk pembukaan Sail Karimata 2016 di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Senin (3/10/2016). [Antara/Jessica Helena Wuysang]

Namun ada juga yang dimanfaatkan menjadi pulau konservasi untuk penangkaran penyu.

Adapun wisata unggulan lain di Kayong Utara, kata Effendi adalah Pantai Pulau Datok Sukadana yang berada di tengah ibu kota kabupaten, Sukadana.

Mendengar pemaparan itu, Sandigaa Uno dibuat tercengang. Pasalanya, dia baru mengetahui Pulau Karimata yang cukup populer ternyata ada di Kayong Utara.

Baca Juga: Buntut Kerumunan Pengunjung, Asia Heritage Pekanbaru Ditutup Sementara

"Jadi Karimata yang terkenal itu ada di Kayong Utara ya?," tanyanya kepada Effendi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait