alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Batas Negeri, Sederhana Bikin Merinding

Husna Rahmayunita Selasa, 01 Juni 2021 | 12:34 WIB

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Batas Negeri, Sederhana Bikin Merinding
Peringatan Hari Pancasila di batas negeri, Tayan Hulu, Sanggau, Kalimantan Barat. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Perhelatan upacara berlangsung selama 2 menit 50 detik.

SuaraKalbar.id - Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini masih dalam suasana pandemi.

Meski begitu, tak menyurutkan semangat nasionalisme warga di batas negeri. Seperti yang terlihat perbatasan Dusun Simpang Tanjung, Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Warga di sana menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan sederhana dan sesingkat-singkatnya. Lokasinya, di tugu simpang tiga atau Simpang Tanjung menuju Entikong (perbatasan RI-Malaysia).

Perhelatan upacara tanpa sambutan ini hanya berlangsung selama 2 menit 50 detik. Upacara hanya diisi dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengibaran bendera merah putih dari atas tugu dan pembacaan teks Pancasila oleh Kepala Kewilayahan (Kawil) Dusun Simpang Tanjung Suwandi.

Baca Juga: Trending Topik, Warganet Indonesia Ramai-ramai Rayakan Hari Pancasila

Selama upacara berlangsung, personel dari Polsek Tayan Hulu dan Koramil 1204-11/Tayan Hulu serta anggota Pos PJR Polda Kalbar Simpang Tanjung ikut melakukan pengamanan.

Hadir sebagai peserta upacara Temonggong Hibun Hayo Beatus Pius Onomuo ET, Kawil Dusun Simpang Tanjung Suwandi, Ketua RT 01 Pilipus Slamet, Ketua RT 02 Kodir Sumantri dan Ketua RT 04 Yohanes Paulus. 

Hari Lahir Pancasila (Instagram)
Hari Lahir Pancasila (Instagram)

Upacara ini, dipimpin anggota BPD Desa Binjai, Deo Reinaldo ini berlangsung khitmad. Semua larut dalam keheningan. Apalagi saat lagu kebangsaan diputar. Buat merinding.

Usai upacara, Deo mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak mengumpulkan massa, warga tetap berada di rumah masing-masing.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi dari pengurus Dusun Simpang Tanjung. Melalui kegiatan sederhana ini diharapkan dapat memupuk dan memperkuat rasa nasionalisme, cinta tanah air, khususnya bagi para generasi penerus bangsa," ujarnya.

Baca Juga: Danny Pomanto Ajak Warga Makassar Bumikan Pancasila, Sebut Bom Gereja dan Banjir

Sementara itu, Kawil Dusun Simpang Tanjung Suwandi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menggugah semangat nasionalisme dan kebersamaan dalam bingkai NKRI. Terlebih peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait