alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gemar Mengonsumsi Makanan Beku, Waspadai 5 Risiko Penyakit Berikut Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Minggu, 27 Juni 2021 | 13:44 WIB

Gemar Mengonsumsi Makanan Beku, Waspadai 5 Risiko Penyakit Berikut Ini
Ilustrasi makanan beku atau daging beku frozen [shutterstock]

Suka mengonsumsi makanan beku? Sebaiknya jangan sampai berlebihan, ya.

SuaraKalbar.id - Makanan beku disukai banyak orang karena dianggap praktis dikonsumsi dan bisa tahan lama. Sayangnya, konsumsi makanan ini terlalu sering tentu tak baik untuk kesehatan. 

Melansir dari Healthshots, kebanyakan makanan beku punya kualitas nutrisi yang sangat rendah. Selain itu, konsumsi makanan beku juga meningkatkan risiko beberapa penyakit berikut, antara lain:

Meningkatkan tekanan darah

Menurut penelitian, makanan beku bisa meningkatkan tekanan darah karena mengandung sodium dalam jumlah tinggi. Mengkonsumsi terlalu banyak natrium juga meningkatkan risiko kondisi medis lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga: Awas, Kebanyakan Makan Camian Berbahan Tepung Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Risiko diabetes

Pati yang digunakan untuk menjaga makanan beku tetap segar membantu menambah rasa dan tekstur pada makanan. Pati bakal diubah menjadi gula sebelum pencernaan berlangsung. Setiap kenaikan kadar gula bisa menempatkan Anda pada risiko diabetes.

Risiko penyakit jantung

Makanan kemasan atau beku mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga terkait dengan penyumbatan arteri. Lemak ini meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Kondisi tersebut berkontribusi pada penyakit jantung. 

Ilustrasi frozen food. [ElasticComputeFarm/Pixabay]
Ilustrasi frozen food. [ElasticComputeFarm/Pixabay]

"Natrium juga biasanya tinggi dalam makanan beku di mana bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh," ujar ahli gizi selebriti Manisha Chopra.

Baca Juga: Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Minum Teh Hijau Panas!

Berat badan atau obesitas

Makanan beku juga sangat tinggi lemak. Rasio lemak terhadap karbohidrat dan protein dalam makanan ini hampir dua kali lipat sehingga sarat kalori.

Risiko kanker pankreas

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan makanan beku bisa menyebabkan kanker pankreas. 

"Sosis beku, salami, atau makanan lainnya bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Ini biasanya karena bahan pengawet yang digunakan dalam makanan beku ini," tutur Chopra menerangkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait