facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beda TV Analog dan TV Digital, Pahami Sebelum Migrasi

Husna Rahmayunita Jum'at, 06 Agustus 2021 | 11:32 WIB

Beda TV Analog dan TV Digital, Pahami Sebelum Migrasi
Ilustrasi - remot TV analog pindah ke TV digital. (Pixabay/kalhh)

Pemerintah berencana mematikan siaran TV analog mulai 17 Agustus 2021.

SuaraKalbar.id - Beda TV analog dan TV digital. Ada perbedaan TV digital dengan TV analog yang belum banyak diketahui orang.

Pemerintah berencana mematikan siaran TV analog mulai 17 Agustus 2021 di sejumlah daerah. Karenanya, perangkat TV analog akan beralih ke TV digital.

Adapun target migrasi TV analog ke TV digital dilakukan secara bertahap di Tanah Air dan diperkirakan rampung November 2022. Meski begitu belum banyak yang tahu beda TV analog dan TV digital.

Berikut perbedaan TV analog dan TV digital seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Perbedaan Kualitas Gambar TV Digital dan Analog, Beda Jauh!!!

Fungsi utama dari kedua perangkat ini sama-sama menyiarkan tayangan yang dipancarkan melalui tayangan yang dipancarkan melalui sumbernya. Namun secara teknis, perbedaan mendasar menjadikan keduanya produk yang sangat berbeda.

TV analog biasanya masih mengandalkan penerimaan sinyal menggunakan antena UHF, yang sinyalnya sendiri berbentuk analog.

Sedangkan pada TV digital, sinyal yang diterima akan berbentuk bit informasi, yang awam digunakan pada streaming video dengan jaringan internet. Selebihnya, berikut perbedaan TV analog dan digital.

Selanjutnya, kualitas video TV analog akan memiliki batasan pada bandwidth yang digunakan karena mengandalkan sinyal AM dan FM. Jadi gambarnya juga akan sangat terbatas.

Sementara pada TV digital, bandwidth yang digunakan lebih lebar sehingga kaulitas gambar yangn tersaji juga bisa lebih baik.

Baca Juga: 3 Perbedaan TV Analog dan Digital, Mulai Migrasi 17 Agustus 2021

Untuk kekuatan sinyal, pada TV analog, sinyal akan bergantung pada kekuatan pemancar dan antena yang menerima sinyal tersebut. Semakin kuat sinyal dan semakin bebas halangan pancarannya, maka semakin jelas pula gambarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait