facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kubu Raya Target Pemberian Vaksin COVID-19 untuk 12 Ribu Ibu Hamil

Pebriansyah Ariefana Rabu, 01 September 2021 | 20:27 WIB

Kubu Raya Target Pemberian Vaksin COVID-19 untuk 12 Ribu Ibu Hamil
Seorang anak saat mendapatVvaksin Covid-19 di RSUP Dr Johannes Leimena Kota Ambon. Pemkot Ambon menargetkan capaian 70 persen vaksinasi anak sebelum mulai sekolah tatap muka, (1/9/2021). [FOTO: Priska Birahy]

Vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini sangat diperlukan untuk perlindungan bagi ibu, anak dalam kandungan, balita, keluarganya dan masyarakat.

SuaraKalbar.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) mulai melakukan pemberian vaksin COVID-19 kepada ibu hamil di 4 Kecamatan, meliputi Sungai Ambawang, Sungai Raya, Sungai Kakap dan Kecamatan Rasau Jaya dengan menargetkan 12.000 ibu hamil yang divaksinasi.

Vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini sangat diperlukan untuk perlindungan bagi ibu, anak dalam kandungan, balita, keluarganya dan masyarakat.

"Kami menargetkan 12 ribu ibu hamil yang ada di kabupaten ini harus menerima vaksin COVID-19, karena saat ini vaksinasi sudah bisa diberikan kepada ibu hamil dengan usia kandungan 4 sampai 8 bulan, termasuk juga bagi ibu yang sedang menyusui," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan di Sungai Raya, Rabu.

Untuk tahap pertama ini, katanya. sebanyak 400 ibu hamil yang diberikan vaksinasi yang tersebar di Sungai Ambawang yang merupakan tempat diluncurkannya vaksinasi bagi ibu hamil, kemudian Sungai Raya, Sungai Kakap dan Rasau Jaya.

Baca Juga: Bupati Landak Minta Vaksinasi COVID-19 Tepat Sasaran untuk Tekan Kasus

Marijan mengharapkan kepada semua ibu hamil untuk segera mendapatkan informasi terkait pelaksanaan vaksinasi dosis pertama, kalau ibu hamil itu memahami akan kebutuhuan vaksinasi untuk memberikan kekebalan kepada dirinya dan anak dalam kandungannya, tentunya mereka akan datang.

"Karena dengan diberikannya vaksinasi COVID-19 kepada ibu hamil itu, akan mengurangi angka kematian bagi ibu hamil maupun yang menyusui. Vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini kita lakukan, karena kita berusaha untuk mengurangi angka kematian Ibu dan Balita (AKI-AKB) di kabupaten ini," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, selain Puskesmas Sungai Ambawang, hari ini terdapat 10 Puskesmas lainnya secara serentak menggelar vaksinasi massal melalui sebaran vaksinasi di desa-desa di antaranya Puskesmas Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar dengan sasaran 150 orang, Puskesmas Punggur Kecamatan Sungai Kakap 150 orang, Puskesmas Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap 200 orang, Puskesmas Sui Ambawang Kecamatan Sungai Ambawang 300 orang (untuk lansia dan Ibu Hamil).

Kemudian Puskesmas Parit Timur Kecamatan Sungai Ambawang 46 orang, Puskesmas Lingga Kecamatan Sungai Ambawang 250 orang, Puskesmas Kubu Kecamatan Kubu 100 orang, Puskesmas Radak Kecamatan Terentang Dosis 2 sebanyak 60 orang.

Puskesmas Sui Durian, Kecamatan Sungai Raya 300 orang, Puskesmas Sui Kakap Kecamatan Sungai Kakap 200 orang (dosis 1 Moderna) dan Puskesmas Padang Tikar Kecamatan Batu Ampar 90 orang.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka di Bogor, Bima Arya: Sedang Disusun Jadwalnya

Peluncuran vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di kantor Camat Sungai Ambawang ini, Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya memberikan bingkisan kepada lansia dan ibu hamil yang hari ini menerima vaksin COVID-19. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait