alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Mandi Wajib Laki-Laki, Lengkap dengan Doa Pendeknya

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 24 September 2021 | 16:39 WIB

Cara Mandi Wajib Laki-Laki, Lengkap dengan Doa Pendeknya
Ilustrasi mandi [pxhere]

Makanya, cara mandi wajib laki-laki perlu benar-benar dipahami. Mandi wajib atau mandi junub merupakan cara bersuci dari hadas besar bagi umat Islam.

SuaraKalbar.id - Cara mandi wajib laki-laki dan doa mandi wajib laki-laki. Perlu kalian ketahui, mandi junub ini bersifat wajib untuk setiap seorang muslim yang telah dewasa, memiliki kesehatan secara akal dan sedang dalam keadaan tidak suci karena hadas besar.

Makanya, cara mandi wajib laki-laki perlu benar-benar dipahami. Mandi wajib atau mandi junub merupakan cara bersuci dari hadas besar bagi umat Islam.

Seseorang harus segera bersuci diri saat memiliki hadas besar, tak terkecuali bagi laki-laki. Lalu bagaimana cara mandi wajib laki-laki?

Penyebab Mandi Wajib

Baca Juga: Cara Mandi Wajib Laki-laki dan Doanya

Penyebab seorang muslim diharuskan untuk mandi wajib antara lain keluarnya air mani pada organ intim pria, selepas masa haid bagi wanita, dan jimak atau berhubungan badan meski tidak keluar mani.

Mandi wajib memiliki rukun-rukun yang harus dipenuhi agar sah. Karena setiap orang dalam keadaan junub dilarang untuk melaksanakan shalat, thawaf maupun mengelilingi Ka’bah, melantunkan ayat Al-Quran maupun menyentuh mushaf.

Hukum Mandi Wajib

Hukum mandi junub memiliki dasar hukum yang tertera dalam Al-Quran pada Surat An-Nisa ayat 43 yang berbunyi sebagai berikut:

Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An-Nisa': 43)

Baca Juga: Doa Setelah Mandi Wajib dan Tata Cara Sesuai Anjurannya

Melaksanakan mandi wajib tidak hanya sekadar mandi seperti biasa, namun ada tata cara, niat, beserta doa yang mengikutinya. Setiap Muslim dewasa harus mengetahui sepenuhnya tata cara dan berbagai doa saat akan melakukan mandi junub agar sah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait