facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

188 Kasus Positif HIV AIDS Terdeteksi di Bengkayang, 19 Orang Meninggal

Riki Chandra Jum'at, 03 Desember 2021 | 11:32 WIB

188 Kasus Positif HIV AIDS Terdeteksi di Bengkayang, 19 Orang Meninggal
Ilustrasi HIV AIDS. [Envato Elements]

Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), mencatat sebanyak 188 kasus infeksi HIV AIDS.

SuaraKalbar.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), mencatat sebanyak 188 kasus infeksi HIV AIDS. Angka tersebut terhitung selama periode 2016-2021 atau dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Dari 188 kasus tersebut, 97 orang di antaranya adalah laki-laki dan 91 perempuan. Sedangkan 19 orang penderita HIV AIDS dilaporkan meninggal dunia.

"Kami juga mencatat adanya kasus HIV terhadap anak-anak. Itu ada sekitar tiga orang, dan saat ini sedang kita tangani," katanya, Jumat (3/12/2021).

Dinas Kesehatan menjalankan beberapa upaya pencegahan penularan HIV AIDS, termasuk pelaksanaan pemeriksaan pada orang-orang yang berisiko tinggi tertular HIV.

Baca Juga: Miris, Sejumlah Remaja di Tulungagung Kena AIDS Gegara Seks Bebas

"Apabila ada temuan HIV di Kabupaten Bengkayang kita langsung kerja sama dengan dua tempat untuk penanganan yakni klinik Mayore dan satu lainnya. Kami sudah bentuk satu layanan PDP (perawatan dukungan dan pengobatan) di rumah sakit Bumi Sebalo," katanya.

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Sosial dan organisasi perangkat daerah yang lain dalam memetakan sebaran kasus HIV serta menjalankan upaya-upaya pencegahan dan penanganan kasus HIV AIDS. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait