facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satu Jenazah Korban Erupsi Semeru Kembali Ditemukan Tim Rescue dalam Posisi Sujud

Chandra Iswinarno Selasa, 07 Desember 2021 | 14:31 WIB

Satu Jenazah Korban Erupsi Semeru Kembali Ditemukan Tim Rescue dalam Posisi Sujud
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban jiwa erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Senin (6/12/2021). [Suara.com/B Susanto]

Tim rescue terus melakukan evakuasi terhadap korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Saat melakukan penyisiran, tim menemukan jasad warga dalam posisi sujud.

SuaraKalbar.id - Setelah terjadinya erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore, hingga kini tim rescue terus melakukan penyisiran untuk mengevakuasi korban keganasan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Hasilnya, tim menemukan 10 jenazah korban erupsi pada Selasa (7/12/2021). Dari hasil penyisiran di kawasan terdampak bencana yang berada di kawasan Curah Kobokan, satu korban meninggal dunia ditemukan dalam posisi sujud.

Penanggung jawab tim rescue Deny Prasetya mengemukakan, kebanyakan korban yang sudah dievakuasi pihaknya mengalami luka bakar.

Beberapa korban tersebut diketahui juga pekerja tambang, lantaran saat jenazah ditemukan masih memakai seragam perusahan yang belum diketahui identitasnya

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Bapak dan Anak Ditemukan Tertimbun di Teras Rumah

"Kami terus berusaha mencari keberadaan korban, di lokasi bencana masih ada satu mobil tim kami yang masih melakukan evakuasi," ujarnya seperti dikutip Suaraindonesia.co.id-jaringan Suara.com.

Meski begitu, proses evakuasi tim rescue mengalami kendala karena material lahar panas sangat tebal hingga setinggi lutut orang dewasa. Selain itu, aroma dan penampakan jenazah terbakar kerap dirasakan tim relawan dalam proses evakuasi.

"Tim kami sudah memakai masker lapis tiga, namun bau mayatnya masih tembus," katanya.

Sementara itu, hingga hari ini, jumlah korban tewas terdampak awan panas guguran Gunung Semeru bertambah menjadi 34 orang.

"Hingga saat ini jumlah korban meninggal sebanyak 34 orang dan 16 orang masih dalam pencarian," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Surabaya I Wayan Suyatna seperti dikutip Antara pada Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Korban Meninggal Pasca Letusan Gunung Semeru Jadi 34 Jiwa, 16 Orang Belum Ditemukan

Dia juga mengemukakan, ada empat tim evakuasi yang melakukan pencarian terhadap korban terdampak awan panas guguran di kawasan Curah Kobokan, Kampung Renteng, dan lokasi penambangan pasir.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait