facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembangunan Fisik IKN Nusantara Jadi Salah Satu Tugas yang Menanti Kepala Otorita IKN

Bella Selasa, 08 Maret 2022 | 14:20 WIB

Pembangunan Fisik IKN Nusantara Jadi Salah Satu Tugas yang Menanti Kepala Otorita IKN
Lokasi Kecamatan Sepaku yang jadi IKN Nusantara. [Inibalikpapan.com]

kepala Otorita IKN harus memiliki pengalaman membangun infrastruktur fisik dalam skala besar di organisasi pemerintahan dan swasta.

SuaraKalbar.id - Selain membangung Ibu Kota Negara ((IKN) Nusantara, Kepala Otorita IKN yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan mengontrol pembangunan fisik IKN.

Oleh karena itu, Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong mengatakan, kepala Otorita IKN harus memiliki pengalaman membangun infrastruktur fisik dalam skala besar di organisasi pemerintahan dan swasta.

"Karena pembangunan IKN tak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi," ujarnya, mengutip Antara, Selasa (8/3/2022).

Wandy juga mengatakan, kepala Otorita IKN yang nanti terpilih harus mampu mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan seperti kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memindahkan dan membangun IKN.

Baca Juga: Brantas Abipraya Kebut Selesaikan Bendungan Sepaku Semoi di IKN

Maka dari itu, Presiden Jokowi akan memilih kepala Otorita IKN yang memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan komunikasi publik.

“Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat dan para ahli menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memilih calon kepala Otorita IKN,” kata Wandy.

Adapun jika merujuk Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, Presiden RI menunjuk dan mengangkat Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN paling lambat dua bulan setelah UU tersebut diundangkan pada 15 Februari 2022, atau berarti hingga 15 April 2022.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait