facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kuota Terisi Penuh, 1.150 Jamaah Haji Asal Kalbar Berangkat Juni Nanti

Bella Rabu, 25 Mei 2022 | 13:56 WIB

Kuota Terisi Penuh, 1.150 Jamaah Haji Asal Kalbar Berangkat Juni Nanti
Ilustrasi haji. [shutterstock]

Pada tahun ini agak berbeda dari sebelumnya, biasanya usia lanjut diprioritaskan, tapi sekarang yang usia lanjut tidak diperbolehkan ikut"

SuaraKalbar.id - Kementerian Agama Kota Pontianak, Kalimantan Barat menyebutkan, ada 1.150 calon jamaah haji dari 14 kabupaten/kota siap diberangkatkan tahun ini, jumlah itu belum termasuk enam petugas haji daerah, dan satu orang dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Pontianak Sumargi mengatakan, para jamaah tersebut siap untuk keberangkatan gelombang pertama yang direncanakan pada tanggal 16-18 Juni 2022.

“Pada tahun ini agak berbeda dari sebelumnya, biasanya usia lanjut diprioritaskan, tapi sekarang yang usia lanjut tidak diperbolehkan ikut, hal ini sudah diatur dalam Undang-undang dan para jamaah diwajibkan telah melakukan vaksinasi,” katanya, melansir Antara, Rabu (25/5/2022).

Sumargi mengatakan, akibat dari kebijakan tersebut, beberapa calon jamaah tidak bisa berangkat. “Kementerian Agama langsung mengganti calon jamaah yang tidak memenuhi syarat dengan calon jamaah cadangan hingga terisi penuh,” ujarnya.

Baca Juga: Jenazah Ibunda Vina Panduwinata Bakal Dimakamkan di Batu Tapak Bogor

Adapun menuut Sumargi, saat pendaftaran para calon jamaah haji sudah membayar Rp25 juta dan saat sudah dekat keberangkatan baru melunasi. Di tahun 2022, semuanya sudah melunasi, sehingga tidak ada kendala di pembayaran.

“Saya berharap para calon jamaah haji dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, apalagi kuota haji setelah pandemi COVID-19 terbatas, bahkan hanya 50 persen dari kuota tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19 ,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait