facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perhatikan Hal Ini Ketika Baru Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Fabiola Febrinastri Jum'at, 05 Agustus 2022 | 17:03 WIB

Perhatikan Hal Ini Ketika Baru Pertama Kali Naik Pesawat Terbang
Ilustrasi naik pesawat bersama keluarga. (Shutterstock)

Sebaiknya Anda mengajak teman, saudara, atau kerabat yang sudah pernah naik pesawat.

SuaraKalbar.id - Bepergian naik pesawat terbang adalah hal yang menyenangkan. Anda bisa pergi ke mana saja baik domestik atau internasional dengan menggunakan pesawat terbang. Selain itu, kini Anda juga bisa dengan lebih mudah pesan tiket pesawat online melalui Traveloka.

Bagi Anda yang baru pertama kali pergi naik pesawat terbang, mungkin Anda masih bingung. Tetapi, jangan khawatir, karena kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika baru pertama kali naik pesawat.

1.    Tidak Pergi Sendirian
Hal yang pertama tentu dengan tidak bepergian sendiri ketika Anda baru pertama kali naik pesawat terbang. Sebaiknya Anda mengajak teman, saudara, atau kerabat yang sudah pernah naik pesawat sebelumnya untuk menemani Anda. Hal ini dikarenakan bagi orang yang baru pertama kali naik pesawat, akan merasa kesulitan dalam proses boarding, hingga harus pergi ke terminal berapa.

Meskipun sudah ada petunjuk di bandara, namun hal ini mungkin masih terasa sulit bahkan cukup menantang bagi sebagian orang, khususnya yang belum pernah naik pesawat. Jika ada teman yang sudah pernah naik pesawat turut serta pergi bersama Anda, setidaknya Anda tidak akan terlalu blank ketika berada di bandara dan ketika berada di dalam pesawat.

Baca Juga: Traveloka: Di Asean, Wisatawan Indonesia yang Paling Bernafsu Liburan

2.    Tidak Terlambat
Selanjutnya yaitu dengan tidak terlambat. Proses boarding pesawat membutuhkan waktu yang lebih panjang dibanding kendaraan lainnya. Apalagi bandara yang sangat luas membuat Anda menghabiskan waktu untuk sekedar berjalan di dalamnya. Jadi, alangkah baiknya Anda memiliki waktu yang cukup banyak ketika berada di bandara sebelum jam keberangkatan.

Anda bisa datang beberapa jam lebih awal dengan menggunakan taxi Blue Bird di bandara. Kini Anda bisa pesan Blue Bird online melalui Traveloka. Dengan menggunakan Blue Bird, Anda bisa tiba di bandara dengan aman dan nyaman serta tidak terburu-buru.

3.    Siapkan Tiket dan Identitas
Berikutnya yang harus diperhatikan ketika Anda baru pertama kali naik pesawat ialah menyiapkan tiket dan identitas. Agar Anda tidak terburu-buru dan sebagai bentuk antisipasi, sebaiknya siapkan terlebih dahulu tiket pesawat dan identitas lainnya yang dibutuhkan.

Beberapa identitas yang dibutuhkan biasanya adalah kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor. Jika Anda sudah memiliki tiket pesawat yang dibeli secara online, pastikan Anda memeriksa kembali detail tiketnya dan mencetak boarding pass di bandara untuk ditunjukkan kepada petugas bandara nanti ketika akan on boarding.

4.    Perhatikan Peraturan
Bepergian naik pesawat memiliki peraturan yang sangat berbeda dengan transportasi umum lainnya. Pesawat terbang memiliki peraturan perjalanan yang lebih ketat, mulai dari barang bawaan, pemeriksaan barang, pengecekan identitas dan lain sebagainya akan diperiksa dengan ketat.

Baca Juga: Berencana Liburan? Intip Yuk Tempat yang Bisa Dikunjungi di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Ini

Walaupun baru pertama kali naik pesawat terbang, sebaiknya Anda juga turut mengetahui maksimal beban barang yang akan disimpan di bagasi pesawat. Karena, setiap maskapai penerbangan mempunyai peraturan tersendiri mengenai jumlah maksimal beban barang yang dapat diangkut dari setiap orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait