Video Razia PETI di Kapuas Hulu Ricuh, Warga Lawan Polisi Usai Amankan Alat Tambang

Bukan niat melawan aparat, tapi masyarakat butuh makan, jika melarang tanpa solusi itu namanya membunuh secara perlahan

Bella
Selasa, 27 September 2022 | 11:22 WIB
Video Razia PETI di Kapuas Hulu Ricuh, Warga Lawan Polisi Usai Amankan Alat Tambang
Warga pekerja tambang lawan polisi tak terima dirazia (Instagram/@sintang.update)

SuaraKalbar.id - Polres Kapuas Hulu menggelar razia Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang berlokasi di Desa Sungai Besar, Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, pada Minggu sore (25/09/22).

Sayangnya aksi pengamanan tersebut berakhir ricuh antara pihak kepolisian dengan warga yang bekerja di lokasi tambang.

Lewat unggahan video yang dibagikan oleh akun Instagram @sintang.update, terlihat para pekerja tersebut tampak mengerumi mobil truk pengangkut milik polisi tersebut.

Dalam rekaman video tersebut, terlihat para pekerja melakukan perlawann dengan mengangkut keluar alat-alat pertambangan yang sebelumnya telah diangkut pihak kepolisian ke atas mobil untuk disita.

Baca Juga:Viral Es Teh Indonesia Somasi Pelanggan, Pria Ini Beri Saran Agar Kritik Diubah Jadi Peluang

Selain itu, terdengar pula beberapa suara pekerja yang tampak marah dan mengeluarkan suara tinggi, pihak kepolisian yang mendapati alat-alat tambang kembali diturunkan akhirnya terlihat hanya bisa terdiam pasrah.

Video tersebut lantas viral dan menarik cukup banyak perhatian publik, lewat kolom komentar tak sedikit netizen yang malah memberikan pembelaan kepada pihak pekerja tambang yang dinilai bekerja demi mencari rezeki.

"Bukan niat melawan aparat, tapi masyarakat butuh makan, jika melarang tanpa solusi itu namanya membunuh secara perlahan," tulis @pit**

"Saran saya kalau bisa ditegur aja dulu, kasihan aja liat masyarakat yang cari makan dari kerjaan tersebut, pemerintah dalam hal ini harus cepat cari solusi karena kalau sudah menyangkut isi perut semuanya pun akan melawan," ketik @uba**

"Serba salah sih, kerja tambangkan merusak alam dan lingkungan tapi kalo gak kerja juga gak bisa makan. Solusinya ya pemerintah jangan cuma melarang tapi juga kasih lapangan kerja yang baru, mampu gak kira-kira?" Tanya @elz**

Baca Juga:Profil Mbak Rina yang Viral Joget "Kadang Bikin Aku Kesal", Mahalini dan Rizky Febian Rilis Lagu Didesak Menikah


Kontributor: Maria

News

Terkini

"Kami telah menyiagakan Posko Komando Satgas Batingsor dan meminta para camat menyiapkan posko pengungsian," kata Gunawan.

| 17:29 WIB

Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gunawan yang sigap melakukan penyelamatan dua nyawa sekaligus yang hendak bunuh diri di Jembatan Pawan I,

News | 22:42 WIB

Salah satu penyebab terjadinya stunting atau gagal tumbuh pada anak itu disebabkan adanya perkawinan muda, dimana perkawinan itu tidak melalui perencanaan

News | 22:17 WIB

Berjarak kurang lebih 20 meter dari bibir sungai, tiba-tiba perahu yang ditumpangi korban bersama ayahnya tenggelam akibat dihantam ombak dan angin kencang.

News | 21:21 WIB

Jika tidak dilaksanakan resikonya adalah akan dikenai sanksi berupa penundaan penyaluran Dana Alokasi Umum di tahun 2023

News | 21:10 WIB

Keduanya berhasil dievakuasi oleh personel kami dari tumpukan material batu dari dinding bangunan yang ambruk menimpa mereka ke rumah sakit terdekat, tadi sekitar pukul 13.30

News | 21:04 WIB

Aksi pembunuhan itu terungkap dari keterangan seorang warga yang melihat HM pergi ke belakang rumahnya sambil membawa karung, lalu membakarnya pada hari Sabtu (12/11).

News | 20:42 WIB

Berikut cara mengikuti lowongan kerja jabatan Kepala Biro atau Direktur di lingkungan otorita IKN:

News | 20:06 WIB

Dalam video tersebut, awalnya terlihat Jokowi tampak menggandeng Iriana untuk turun dari pesawat melewati tangga.

News | 16:56 WIB

Aku dapat dari venue hari ini (kue choipan). Gak sabar buat nyobain, keliatannya enak

News | 14:48 WIB

pelaku sering membawa senjata tajam dan sering marah-marah tak bersebab kepada orang tuannya. Pelaku juga melakukan pencurian barang berharga milik orang tuanya.

News | 14:21 WIB

Hingga saat ini, penyidik memang belum menahan para tersangka Net89 SMI sejak ditetapkan bulan lalu dengan alasan subjektif penyidik.

News | 13:14 WIB

Naah, gitu dong @BatikAirINA buktikan semua orang mendapat nasib & pelayanan yang sama di Lion Air Group!! Thumbs up

News | 11:16 WIB

Saya tidak menghormati dia karena dia tidak menunjukkan rasa hormat kepada saya. Jika anda tidak menghormati saya, saya tidak akan pernah menghormati anda

News | 08:56 WIB

Ia nekad mengakhiri hidupnya dikarenakan permasalahan ekonomi. Di mana pembangunan rumahnya tidak kunjung selesai.

News | 19:28 WIB
Tampilkan lebih banyak