Dinar Surya Oktarini
Pabrik mi instan (TikTok @proudfoodism)

SuaraKalbar.id - Makanan mi instan menjadi salah satu yang umum dikonsumsi oleh masyarakat, selain cara masaknya yang praktis juga rasanya yang enak. Tapi apa jadinya jika ada proses rahasia mi instan sebelum dijual?

Pernahkah Anda penasaran dengan proses pembuatan mi instan di pabrik? Akun TikTok @proudoffoodism membagikan video yang bisa menjawab rasa penasaran tentang hal tersebut.

Dalam video singkat itu ditunjukkan proses pembuatan mi instan di pabrik mulai dari masih berbentuk tepung hingga siap dipasarkan.

Pertama tepung dan bahan-bahan lainnya dicampur jadi satu. Bahan-bahan tersebut kemudian dibentuk hingga menjadi adonan.

Baca Juga: Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Viral Video TikTok Beberkan Rahasia Mi Instan Sebelum Dikemas

Setelah itu, adonan akan diproses di dalam mesin hingga berbentuk lembaran. Di mesin itu juga adonan mi akan dipotong dan dicetak keriting.

Pabrik mi instan (TikTok @proudfoodism)

Mi instan tersebut lantas dikukus selama beberapa saat. Mi kemudian dipotong menyesuaikan ukuran 1 porsi kemasan.

Setelah itu, mi akan digoreng di minyak panas hingga kering. Mi akan didinginkan terlebih dulu dan kemudian dikemas.

Mi instan yang sudah dikemas siap dipasarkan ke masyarakat. Itulah proses yang dilalui mi instan sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Mi Instan Kurang Baik Bagi Kesehatan, Penyebab Penyakit!

"Berantem sini sama gue yang bilang mi instan dikasih lilin," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Lah baru tahu kalau mi instan tuh digoreng dulu sebelum dipasarkan," ujar warganet ini.

"Wah iya nih. Aku pernah kerja di pabrik mi instan bagian quality control, dan proses pembuatannya mirip kayak gini," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Rabu (13/10/2021), video ini telah viral dan sudah ditonton sebanyak lebih dari puluhan ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

(Hiromi Kyuna)

Komentar