Kalbar

Viral Video Akui Positif Corona, Wabup Kotawaringin Barat: Bukan Aib!

"Berdasarkan hasil sampel tersebut saya terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Ahmadi dalam video tersebut.

M Nurhadi

Tangkapan layar video Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah dalam akun media sosial pribadinya saat menginformasikan dirinya positif COVID-19 di Pangkalan Bun, Kalteng, Rabu (22/7/2020) malam. (ANTARA/dokumentasi pribadi).
Tangkapan layar video Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah dalam akun media sosial pribadinya saat menginformasikan dirinya positif COVID-19 di Pangkalan Bun, Kalteng, Rabu (22/7/2020) malam. (ANTARA/dokumentasi pribadi).

SuaraKalbar.id - Belum lama ini, sebuah video yang memperlihatkan Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah mengakui bahwa dirinya positif virus corona tersebar di dunia maya. Video tersebut diunggah Kamis (23/7/2020)

Dalam rekaman video yang berdurasi tiga menit 17 detik yang diunggah di akun media sosial miliknya itu, ia menginformasikan bahwa berdasarkan hasil tes usap tenggorokan (swab) menunjukkan dirinya positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi.

"Pada Rabu (22/7) malam saya baru saja mendapat informasi hasil pemeriksaan  polymerase chain reaction (PCR) sampel 'swab' yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2020. Berdasarkan hasil sampel tersebut saya terkonfirmasi positif COVID-19," ujarnya dalam video tersebut.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Ahmadi mengatakan, pernyataannya dalam video tersebut bertujuan agar mengedukasi masyarakat bahwa menjadi pasien COVID-19 bukanlah aib yang harus ditutup-tutupi.

"Pasien positif beserta keluarga tak harus dikucilkan, tak harus menjadi pergunjingan, melainkan harus diberikan semangat serta diberikan doa agar dapat segera sembuh," kata Ahmadi, melansir Antara.

Menurutnya, virus corona bisa menjangkit siapa saja. Keterbukaan informasi akan mempermudah tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam melaksanakan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan.

Dalam video tersebut, ia juga menyampaikan, meski positif COVID-19, kondisinya tetap sehat dan tidak merasakan gejala. Saat ini dirinya beserta keluarga langsung melakukan isolasi mandiri di rumah.

Langkah isolasi mandiri yang ia lakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) mengingat dirinya terkonfirmasi positif tanpa gejala.

Pada akhir video, Ahmadi mengharapkan warga Kotawaringin Barat tidak panik dan terus menjaga kesehatan diri dengan menjaga pola hidup sehat, mematuhi protokol kesehatan serta imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Selain itu, ia juga menyampaikan, selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar rumah, menjaga jarak serta segera memeriksakan diri ketika mengetahui telah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif.

Melalui video itu, ia juga meminta masyarakat mendoakan agar dirinya segera sembuh dari COVID-19 sehingga bisa kembali beraktivitas dengan baik.

Berita Terkait

Berita Terkini