Kalbar

Viral Video Camat Samarinda Kota Ngamuk Gegara Diminta Menyapu Halaman Toko

Ia kesal setelah diminta menyapu lantaran memakai masker dan sapu lidi.

Husna Rahmayunita

Camat Samarinda Kota ngamuk ke warga gegara disangka petugas kebersihan. (Instagram/@hallosamarinda)
Camat Samarinda Kota ngamuk ke warga gegara disangka petugas kebersihan. (Instagram/@hallosamarinda)

SuaraKalbar.id - Camat Samarinda Kota, Anis Siswantini tak bisa membendung kemarahannya usai dikira petugas kebersihan seorang pemilik toko. Ia merasa tak terima warga semena-mena memintanya menyapu halaman toko.

Video kemarahan Anis kekinian viral di media sosial sejak Sabtu (25/7/2020). Salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @hallosamarinda.

Dalam rekaman berdurasi dua menit empat detik itu, Anies terlihat memakai baju dan helm merah tengah berada di halaman tok. Ia juga mengenakan masker.

Perempuan tersebut tampak emosi kepada seorang laki-laki yang disebut-sebut pemilik toko. Ia kesal setelah diminta menyapu lantaran memakai masker dan sapu lidi.

Saat itu memang terlihat halaman toko tampak kotor. Banyak sampah berserakan di sekitar area parkir.

Anis yang turut didampingi sejumlah aparat kecamatan lantas berusaha mengajak bicara pemilik toko di dalam ruangan.

Bukan karena Ingin Dihormati

Namun kekesalan perempuan tersebut nyatanya bukan semata-mata karena dirinya ingin dihormati sebagai pejabat daerah.

Ia meradang dengan sikap pemilik toko yang seenaknya meminta orang membersihkan halaman dan tidak menjaga lingkungan.

"Saya tidak mau orang disukai atau diikuti atau dihormati karena jabatan," ujar Anis seperti dikutip Suara.com, Minggu (26/7) dari video.

Menurutnya, kebersihan halaman toko merupakan tanggung jawab pengguna bangunan sehingga semestinya disadari oleh pihak yang bersangkutan.

Camat Samarinda Kota ngamuk ke warga gegara disangka petugas kebersihan. (Instagram/@hallosamarinda)
Camat Samarinda Kota ngamuk ke warga gegara disangka petugas kebersihan. (Instagram/@hallosamarinda)

"Sekalipun ada petuga yang menyapu, tidak boleh seenaknya diperintah. Apalagi kalau untuk halaman dan teras rumah atau toko karena itu tugas dan tanggung jawab pemilik atau pengguna bangunan. Jangan sembarangan," tandas Anis.

Mendengar perkataan itu, pemilik toko mengaku sebenarnya dirinya hanya bercanda. Tapi, ia tak menyangka hal itu menyulut kemarahan Anis.

Meski begitu, Anis masih tampak kesal dengan alasan yang disampaikan pemilik toko hingga seseorang laki-laki berusaha menengahi cekcok di antara mereka.

Komentar Netizen

Video kekesalan Anis yang disangka petugas kebersihan turut menyita perhatian warganet. Bahkan sejak dibagikan telah disaksikan lebih dari 216 ribu kali.

Tak sedikit dari mereka yang mendukung sikap Anis lantaran turut kesal dengan sikap pemilik toko yang dianggap semena-mena terhadap orang lain.

"Hajaaaar buuuuu...!! Beri dia pelajaran...!!! Sembarangan nyuruh-nyuruh orang...!! Beri dia sapunya...suruh nyapu lapangan bolaaaaa...!! Ehhh...bener g ya...??," kata @yudibla***.

"Camatnya cewek hehe rasakaaannn kekuatan super power dari wanita. Lagian masa asal main perintah, hargailah sesama sekalipun pada petugas kebersihan," celetuk @_berbaha****.

"Sebelum kena tegur Allah di tegur bu camat dulu, kembali sd lagi untuk belajar akhlak," kata @arista_pu***."

Untuk lebih jelasnya, videonya bisa ditonton di sini.

Berita Terkait

Berita Terkini