Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Lokasi Tes Swab COVID-19 Gratis di Pontianak dan Kalimantan Barat

Pebriansyah Ariefana Rabu, 14 Oktober 2020 | 17:49 WIB

4 Lokasi Tes Swab COVID-19 Gratis di Pontianak dan Kalimantan Barat
Seluruh pegawai Pemkot Tangsel menjalani tes swab di Kantor Pemkot Tangsel, Selasa (15/9/2020). [Suara.com/Wivy Hikmatullah]

Ada syarat dan ketentuan berlaku.

SuaraKalbar.id - Pemerintah provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melalui dinas kesehatan Kalbar menyediakan tempat tes swab gratis untuk masyarakat.

Beberapa tempat itu di antaranya, Aula dinas kesehatan provinsi Kalbar, dina kesehatan kota Pontianak, laboratorium kesehatan provinsi Kalbar, dan di laboratorium kesehatan daerah masing-masing kabupaten/kota.

Kepala dinas kesehatan provinsi Kalbar, Harisson Azroi mengatakan tes Swab gratis tersebut berlaku hanya untuk warga yang terkontak langsung dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

Ilustrasi tes swab. (Ayotegal.com/Lilisnawati)
Ilustrasi tes swab. (Ayotegal.com/Lilisnawati)

"Hanya untuk kontak erat yang ada gejala," katanya saat dihubungi SuaraKalbar.id, Rabu (14/10/2020).

"Kalau misalnya ada yang kontak erat dengan pasien, datanglah ke situ, gratis. Jadi untuk yang kontak erat dan ada gejala sesuai dengan peraturan menteri," terangya.

Meski demikian, hal ini tidak berlaku untuk masyarakat dengan kondisi normal.

Namun Harisson mengarahkan kepada masyarakat yang ingin tes Swab non gratis dapat dilakukan beberapa tempat seperti di Prodia dan Kimia Farma di kota Pontianak.

Ilustrasi tes swab. [Foto: Nair Fuad]
Ilustrasi tes swab. [Foto: Nair Fuad]

"Itu Prodia dan Kimia Farma juga ada, namun berbayar," ungkapnya.

Disamping itu, Mantan Kepada Dinkes Kesehatan Kapuas Hulu ini juga menghimbau agar masyarakat Kalimantan Barat dapat selalu menerapkan hidup sehat dan menaati protokol kesehatan covid-19.
Dia meyakinkan apabila penerapan prokes Covid-29 sudah dilakukan dengan baik, masyarakat tentu tidak akan mudah tertular atau terinfeksi dari virus itu.

Ilustrasi tes swab. (Antara/Bambang Dwi Marwoto)
Ilustrasi tes swab. (Antara/Bambang Dwi Marwoto)

"Setiap masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Kalau kita melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, walaupun disekitar kita positif semua, kita tidak akan tertular," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait