Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satpol PP Landak Kompak Ternak Lele di Halaman Kantor, Ini Alasannya

Husna Rahmayunita Selasa, 20 Oktober 2020 | 09:01 WIB

Satpol PP Landak Kompak Ternak Lele di Halaman Kantor, Ini Alasannya
Kolam lele di Kantor Satpol PP Landak. (Antara/ist)

Total ada 9 kolam yang masing-masing diisi dua ribu benih ikan.

SuaraKalbar.id -  Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat beternak lele di halaman kantor.

Bukan tanpa sebab, para petugas membudidayakan ikan lele guna mendukung progara ketahanan pangan di wilayahnuya.

Selain itu, ternak lele diklaim bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Mengingat, anggota Satpol PP piket 24 jam.

"Kegiatan budidaya Lele ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan. Kami memanfaatkan lahan sekitar kantor dengan membuat kolam budidaya ikan. Ide yang digagas oleh Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar)," ujar Kabid Damkar Landak, Daniel, Senin (19/10/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja melakukan kegiatan tersebut guna memanfaatkan waktu piket pada bidang damkar yang dilaksanakan dalam 24 jam.

"Ide ini berawal saat kita memiliki tugas jaga selama 24 jam yang kita anggap cukup bermanfaat bila ada aktivitas di luar tupoksi kita," sambung Daniel.

Ia mengatakan total ada 9 kolam yang masing-masing diisi dua ribu benih ikan. Sedangkan biaya yang dipakai untuk kegiatan tersebut yakni sebanyak 500 ribu per orang.

"Kemudian lama pemeliharaan dari benih hingga siap panen seperti biasa perlu waktu tiga  bulan dan hari ini kita sudah mulai panen meski masih skala kecil," kata Daniel.

Kasatpol-PP, Wibersono L Djait sangat mendukung hal ini, terlebih kegiatan tersebut memberikan manfaat yang baik bagi staf dan masyarakat.

Beternak lele di usia muda. (Twitter/@dpasaribu00)
Beternak lele di usia muda. (Twitter/@dpasaribu00)

"Meski hal ini diluar tupoksi kita, tetapi kita juga terus berupaya dalam mendukung program pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini kita berharap mampu memberikan dampak yang baik yang dimulai dari staf hingga masyarakat sekitar," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait