alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suka Mengonsumsi Vitamin C saat Perut Kosong? Ternyata Begini Efeknya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah Rabu, 21 Oktober 2020 | 15:43 WIB

Suka Mengonsumsi Vitamin C saat Perut Kosong? Ternyata Begini Efeknya
Ilustrasi vitamin C. (Shutterstock)

Amankah mengonsumsi vitamin C saat perut kosong? Seperti apa manfaatnya?

SuaraKalbar.id - Apakah Anda punya kebiasaan mengonsumsi vitamin C saat perut kosong? Apakah kebiasaan seperti itu aman dilakukan?

Mengonsumsi suplemen vitamin sebenarnya dilakukan untuk melengkapi nutrisi yang kurang di dalam tubuh, utamanya saat makanan tidak bisa melengkapi kebutuhan harian, termasuk vitamin C.

Ada sejumlah faktor yang membuat seseorang membutuhkan suplemen vitamin tambahan. Seseorang mungkin akan memerlukannya saat sakit, hamil, atau sedang mengonsumsi obat tertentu yang bisa menganggu metabolisme.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin biasanya adalah pagi hari, yakni saat perut sudah terisi. Namun, vitamin C tidak begitu.

Vitamin C. (Shutterstock)

Vitamin C mudah larut di dalam air sehingga tidak perlu diminum setelah makan. Bahkan, waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah saat perut kosong.

Oleh karenanya, menurut Healthline, Anda disarankan mengonsumsi vitamin C di pagi hari, 30 menit sebelum makan, atau dua jam setelah makan.

Dilansir dari Verywell Fit, vitamin C membantu sistem kekebalan berfungsi lebih efektif. Vitamin C juga berperan penting dalam membantu melindungi sel dari bahaya radikal bebas.

Jumlah konsumsi harian yang disarankan adalah 75 miligram untuk wanita dewasa dan 90 miligram untuk pria dewasa.

Sayangnya, beberapa orang mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang lebih tinggi. Hal seperti itu malah bisa menyebabkan gangguan pencernaan, salah satunya diare.

Selain vitamin C, jenis suplemen yang bisa dikonsumsi saat perut kosong adalah semua vitamin B serta asam folat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait