alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Azan dengan Seruan Jihad, Habib Novel: Aneh, Seumur Hidup Baru Dengar

Husna Rahmayunita | Chyntia Sami Bhayangkara Selasa, 01 Desember 2020 | 07:35 WIB

Viral Azan dengan Seruan Jihad, Habib Novel: Aneh, Seumur Hidup Baru Dengar
Tangkapan layar habib novel pada Chanel YouTube Qolam YT

Azan tersebut dinilai bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad.

SuaraKalbar.id - Habib Novel bin Muhammad Alaydrus buka suara terkait video azan Hayya Alal Jihad yang viral di media sosial.

Pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhoh, Solo, Jawa Tengah tersebut menegaskan azan tersebut tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

"Azan seruan untuk salat diganti seruan untuk jihad, ini sesuatu yang sangat bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW," kata Habib Novel melalui kanal YouTube miliknya bertajuk 'Breaking News - Jangan Terprovokasi'seperti dikutip Suara.com, Selasa (1/12/2020).

Tak hanya itu, azan berisi ajakan untuk melakukan jihad, kata Habib Novel juga bertentangan dengan apa yang telah diajarkan oleh para habaib dan kyai selama ini.

Baca Juga: Viral Azan Hayya Alal Jihad, Ini Hukum Mengubah Adzan

"Ini bertentangan dengan ajaran para habaib maupun para kyai. Ini tidak sesuai dengan hadis," ungkap Habib Novel.

Habib Novel mengaku selama seumur hidupnya ia belum pernah melihat ada seruan azan dengan menyisipkan ajakan jihad. Video azan berisi ajakan jihad 'hayya alal jihad' dinilai oleh Habib Novel merupakan sesuatu yang aneh.

"Video yang memang aneh juga ya, seumur hidup saya belum pernah lihat ada orang azan kok kayak gitu," ungkap Habib Novel.

Habib Novel Alaydrus sebut azan ajakan jihad tak sesuai ajaran Nabi (YouTube/habibnovelalaydrus)
Habib Novel Alaydrus sebut azan ajakan jihad tak sesuai ajaran Nabi (YouTube/habibnovelalaydrus)

Setali tiga uang, Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Cholil Nafis juga menegaskan azan berisi ajakan jihad tak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad tak pernah mengubah redaksi azan meskipun dalam situasi perang sekalipun, tak ada redaksi azan yang diubah oleh Nabi.

Baca Juga: Hayya Alal Jihad saat Azan, FPI: Wajar Mengingat Ketidakadilan

"Redaksi azan tidak boleh diubah menjadi ajakan jihad. Karena itu ibadah yang sifatnya tauqifi atau langsung dari syariat," kata Cholil dikutip dari Facebook pribadinya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait