alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Singkawang Termasuk Kota Paling Toleran, Ini Kata Wali Kota Tjhai Chui Mie

Husna Rahmayunita Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:43 WIB

Singkawang Termasuk Kota Paling Toleran, Ini Kata Wali Kota Tjhai Chui Mie
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie (Antara/Rudi)

Singkawang ranking dua kota paling toleran di Indonesia.

SuaraKalbar.id - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie buka suara usai wilayahnya masuk 10 besar kota paling toleran di Indonesia versi Setara Institute.

Tjhai Chui Mie menyambut baik apresiasi yang diberikan dan berharap prestasi tersebut bisa memberikan semangat di hari kedepannya.

"Kita bersyukur karena berdasarkan penilaian dari Setara Institute bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, tahun ini Singkawang kembali mendapatkan penghargaan sebagai kota tertoleran se-Indonesia 2020," ujarnya, Jumat (26/2/2021).

Tjhai Chui Mie menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholders yang ada di Kota Singkawang, terutama FKUB, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI, Polri serta jajaran Pemkot Singkawang yang telah bekerja keras mempertahankan predikat kota tertoleran peringkat kedua.

Baca Juga: Jarang Terlihat, Chu Nyuk Jan Ditemukan Tewas di Kamar Kos Singkawang

"Dalam hal ini tentu dapat memberikan kita semangat hidup harmonis, saling hormat menghormati dan saling menjaga satu sama lainnya karena toleransi merupakan pengamalan Pancasila," sambungnya.

Menurutnya, Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Maka dari itu, masyarakat Kota Singkawang patut berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Setara Institute yang mengadakan kegiatan ini.

"Yang mana tujuan utamanya adalah bisa menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia," jelasnya.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat. (Antara/Jessica Helena Wuysang)
Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat. (Antara/Jessica Helena Wuysang)

Artinya, jika seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia bisa melakukan hal yang sama yaitu setiap kepala dan perangkat daerahnya bisa melaksanakan kebijakan-kebijakan yang bisa mempersatukan daerahnya atau menjaga toleransinya maka manfaatnya adalah kerukunan dan keamanan.

"Saya yakin dan percaya dengan adanya kegiatan seperti ini karena memberikan motivasi maka Indonesia pasti maju," tuturnya.

Baca Juga: Cerita Petugas Buru 2 Harimau Lepas dari Sinka Zoo, 36 Jam Tak Tidur

Dengan begitu, kata dia, negara Indonesia akan menjadi negara yang kuat dibanding negara-negara lainnya khususnya Kota Singkawang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait