alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Habis Santap Soto di Posyandu, Puluhan Balita Lemas Diduga Keracunan

Husna Rahmayunita Selasa, 09 Maret 2021 | 08:54 WIB

Habis Santap Soto di Posyandu, Puluhan Balita Lemas Diduga Keracunan
Balita dirawat keracunan makanan usai Posyandu. (Kanalkalimantan.com/ist)

Tak hanya balita, lima orang ibu hamil atau bumil juga diduga keracunan.

SuaraKalbar.id - Nasib malang menimpa puluhan balita usai mengikuti kegiatan Posyandu. Para balita mendadak lemas dan dilarikan ke rumah sakit.

Diduga mereka keracunan massal seusai menyantap soto saat acara pemberian tambahan makanan di Posyandu. Setidaknya ada 21 balita yang kemudian menjalani perawatan di rumah sakit.

Tak hanya balita, lima orang ibu hamil atau bumil juga diduga keracunan ketika mengikuti acara yang sama. Kala itu, mereka diberi nasi kotak.

Peristiwa keracunan massal ini terjadi di Desa Datu Kuning, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Habis Jatuh Ketiban Tangga, Puluhan Korban Longsor Keracunan Mie Ayam

Korban yang menunjukkan gejala keracunan lantas dilarikan ke Puskesmas Alabio dan RSUD Pambalah Batung Amuntai.

"Untuk korban diperkirakan masih ada malam ini balita dan warga yang datang ke Puskesmas Alabio, sebagian dirujuk ke RSUD Pambalah Batung,” ujar Plt Dinas Kesehatan HSU H Danu F Fotogena kepada Kanalkalimantan.com-- jaringan Suara.com, Senin malam.

Menurut Danu, untuk jumlah keseluruhan yang datang ke Posyandu diperkirakan 70 orang (Bumil dan Balita). Untuk korban keracunan 21 balita dan 5 orang dewasa.

Sementara itu, untuk para korban yang umur bayi 0-6 bulan masih aman, sedangkan kisaran yang jadi korban umur 1 tahun ke atas.

"Diduga keracunan kimia makanan, tapi hasil pastinya kita nunggu hasil pemeriksaan sampel di Labkes Banjarbaru dulu, besok sudah dikirim sampelnya, dan besok Insyaallah sudah diketahui hasilnya untuk kimianya," pungkas Danu.

Baca Juga: Astaga! Puluhan Pengungsi Korban Longsor Nganjuk Keracunan Massal

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait