alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bukan Minum Air Sebanyak-banyaknya, Redakan Cegukan dengan 5 Cara Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni Selasa, 09 Maret 2021 | 14:06 WIB

Bukan Minum Air Sebanyak-banyaknya, Redakan Cegukan dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi cegukan. (Shutterstock)

Berikut tips mengatasi masalah cegukan yang bikin tak nyaman.

SuaraKalbar.id - Anda pasti pernah mengalami cegukan yang terkadang bisa hilang dengan sendirinya. Tak cuma mengganggu saat berbicara, cegukan juga bikin makan atau membuat jadi tidak nyaman.

Biasanya, orang-orang berusaha mengatasi cegukan dengan minum segelas air sekaligus. Namun, ada pula orang yang mungkin kesulitan meredakan cegukan walau sudah minum segelas air.

Faktanya, melansir Times of India, tak ada ilmu sains yang mendukung pengobatan rumahan ini efektif meredakan cegukan. Padahal pengobatan rumahan ini telah dipercayai dapat meredakan cegukan selama bertahun-tahun.

Sebagian besar trik ini memang bekerja meredakan cegukan dengan menstimulasi vagus (saraf frenikus), yang terhubung ke diafragma. Walau begitu, Anda perlu tahu penyebab cegukan dan lainnya sebelum mempelajari pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan, Bisa Jadi Gula Alami

Ilustrasi cegukan. (Pixabay/derneuemann)
Ilustrasi cegukan. (Pixabay/derneuemann)

Penyebab cegukan

Cegukan terjadi saat diafragma mulai kejang tanpa disengaja. Diafragma merupakan otot besar yang membantu Anda bernapas.

Saat kejang, Anda menarik napas mendadak dan pita suara bakal menutup, yang menghasilkan suara khas. Faktor gaya hidup yang menyebabkan cegukan meliputi, makan terlalu banyak atau terlalu cepat, minuman berkarbonasi, makanan pedas, stres, alkohol dan paparan perubahan suhu yang cepat.

Kalau mengalami cegukan selama lebih dari 48 jam, Anda harus segera konsultasi dengan dokter. Sebab, kondisi ini bisa menjadi dipicu oleh masalah kesehatan mendasar.

Selain itu, terdapat beberapa cara pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk meredakan cegukan, yakni:

Baca Juga: Jaga Tubuh Terhidrasi, Lebih Baik Minum Air Dingin atau Air Hangat?

Mengisap lemon

Ambil irisan tipis lemon dan tambahkan garam ke dalamnya. Isap lemon selama beberapa waktu, kemudian bilas mulut dengan air biasa untuk melindungi gigi dari efek asam sitrat.

Ilustrasi lemon jadi hiasan gelas (Shutterstock)
Ilustrasi lemon jadi hiasan gelas (Shutterstock)

Minum air es

Minum air es perlahan dapat membantu menstimulasi saraf vagus supaya lebih lega dan meredakan cegukan.

Minum segelas air hangat

Tak cuma air es, minum segelas air hangat bisa membantu meredakan cegukan. Cara ini juga paling umum untuk pengobatan cegukan.

Es batu

Ambil es batu ukuran sedang, kemudian hisap hingga menyusut ke ukuran yang wajar. Setelah menyusut, Anda dapat meneguknya.

Kumur dengan air es

Walau aneh, kumur dengan air es selama 30 detik dan diulangi beberapa kali ternyata juga dapat membantu meredakan cegukan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait