alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tarif Parkir di Pontianak Naik, Edi Kamtono Klaim untuk Dongkrak PAD

Husna Rahmayunita Rabu, 26 Mei 2021 | 12:39 WIB

Tarif Parkir di Pontianak Naik, Edi Kamtono Klaim untuk Dongkrak PAD
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. [ANTARA]

Tarif parkir naik Rp 1.000 untuk semua jenis kendaraan bermotor.

SuaraKalbar.id - Mulai 1 Juni 2o21 mendatang, Kota Pontianak, Kalimantan Barat menerapkan tarif parkir baru untuk kendaraan di jalan umum.

Wali Kota Pontianak Edi Rusi Kamtono membongkar tujuan kenaikan tarif parkir yakni untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Sebab, kata dia, sejak pandemi Covid-19 melanda PAD Pontianak, menurun hingga 50 persen sehingga berdampak pada pelayanan.

Oleh karenanya, dia berharap kebijakan baru dengan menaikkan tarif parkir Rp 1.000 untuk semua jenis kendaraan bermotor bisa meningkatkan PAD.

Baca Juga: Viral Ibu-ibu Resahkan Pasar Serdam Pontianak, Diduga Mencuri Bawa Anak

"Dengan kenaikan tarif parkir diharapkan PAD meningkat di atas 30 persen," ujar seperti dikutip dari Antara, Rabu (26/2/2021).

Untuk pelaksanaan di lapangan terkait kejelasan petugas parkir, keamanan, ketertiban, dan keteraturan, Dinas Perhubungan Kota Pontianak akan tetap melakukan upaya-upaya peningkatan pelayanan dengan mencetak karcis, menggunakan rompi identitas, kemudian ada titik-titik yang menjadi perhatian penyebab kemacetan.

Guna pencegahan pungli (pungutan liar), pihaknya akan menempatkan pengawas di lapangan bersama tim Cyber Pungli dan ada beberapa titik yang terpantau dengan CCTV.

Suasana di Jalan Gajah Mada Kota Pontianak jelang Lebarang, dihiasai ribuan ketupat. (Suara.com/Ocsya Ade CP)
Suasana di Jalan Gajah Mada Kota Pontianak jelang Lebarang, dihiasai ribuan ketupat. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Sementara itu, untuk tempat-tempat lama tetap akan dilakukan uji petik untuk melihat potensi pengunjung.

"Seperti rumah makan yang tadinya ramai begitu pandemi sepi, tapi ada juga yang tetap ramai seperti warung kopi Asiang di Jalan Merapi yang selalu ramai terus artinya tidak berubah atau bahkan ada yang meningkat," sambungnya.

Baca Juga: Biar Kapok, 6 Kapal Vietnam Pencuri Ikan di Laut RI Dibawa ke Pontianak

Ia juga mengatakan, untuk penerapan parkir di Alfamart dan Indomaret sudah dilakukan uji petik simulasi di lapangan, karena ada perbedaan pengunjung di setiap toko.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait