alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kepulauan Karimata, Surga Dunia di Kalimantan Barat yang Heboh Teror Bajak Laut

Husna Rahmayunita Kamis, 10 Juni 2021 | 15:38 WIB

Kepulauan Karimata, Surga Dunia di Kalimantan Barat yang Heboh Teror Bajak Laut
Kepulauan Karimata di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. (Humas KKU)

Kepulauan Karimata memiliki pesona keindahan yang sangat memanjakan mata.

SuaraKalbar.id - Kepulauan Karimata surga dunia tersembunyi di Kalimantan Barat. Belakangan ramai aksi teror bajak laut di Kepulauan Karimata.

Kepulauan Karimana destinasi wisata pilihan yang berada di Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat. Pesonanya membuat kepincut pelancong.

Beberapa hari terakhir Kepulauan Karimata ramai dibicarakan oleh masyarakat karena terjadi perompakan yang dialami nelayan di pulau tersebut.

Para perompak disebut-sebut memiliki senjata api dan sangat meresahkan para nelayan di sana. Pemerintahan setempat dan pihak berwajib pun sedang menyelidiki kejadian ini sampai sekarang. 

Baca Juga: Mirip Desa di Swiss, Ini Pesona Wisata di Kabupaten Banyumas

Namun, di samping itu, Kepulauan Karimata memiliki pesona keindahan yang sangat memanjakan mata.  Kepulauan Karimata sebenarnya adalah pulau yang memiliki status Suaka Alam Laut (SAL).

Pulau Pelapis di Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat. (Antara/ist)
Pulau Pelapis di Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat. (Antara/ist)

SAL yakni pulau dengan kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistem yang dilindungi pemerintah. Selain itu, pulau ini juga ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Juni 1981.

Sebuah catatan perjalanan seorang Tiongkok, Wang Dayuan mengatakan bahwa pada abad ke-15, tepatnya tahun 1436, Pulau Karimata merupakan tempat perdagangan tempurung penyu.

Kemudian, pada abad ke-17, pulau ini menjadi wilayah ekspor besi di bawah kekuasaan kerajaan yang berpusat di Sukadana. Penambang dan pande besi pun banyak muncul di pulau ini dan terus menjadi pusat perdagangan besi hingga awal abad ke-19. 

Pulau yang terletak di antara Pulau Kalimantan dan Pulau Belitung ini menjanjikan keindahan laut yang tiada duanya. Sayangnya, keindahan ini masih belum dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga: 5 Pantai di Kalimantan Barat yang Jarang Diketahui Orang Tapi Indah

Ritual Semah Laut di Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat. (Suara.com/Ocsya Ade CP)
Ritual Semah Laut di Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Pulau ini menawarkan potensi pemandangan yang sangat menawan. Tipe ekosistem di kawasan ini pun bermacam-macam, mulai dari ekosistem terumbu karang, hutan pantai, hutan mangrove, dan ekosistem perbukitan tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait