alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tjhai Chui Mie: Jangan Sampai Rumah Sakit di Singkawang Kehabisan Oksigen

Husna Rahmayunita Selasa, 27 Juli 2021 | 08:19 WIB

Tjhai Chui Mie: Jangan Sampai Rumah Sakit di Singkawang Kehabisan Oksigen
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (ANTARA/Rudi)

Ia meminta agar tabung oksigen kosong di rumah sakit segera diisi.

SuaraKalbar.id - Stok oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit terbatas. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie angkat suara soal kondisi ini.

Ia menegaskan rumah sakit di Singkawang tak boleh kehabisan oksigen untuk penanganan pasien khususnya yang terpapar Covid-19.

"Jangan sampai ada rumah sakit yang sempat mengalami kekosongan dengan oksigen, sehingga tidak bisa melayani pasien," ujarnya Senin (27/7/2021) seperti dikutip dari Antara.

Ia meminta agar tabung oksigen kosong di rumah sakit segera diisi sehingga apabila mau digunakan sudah siap. Hingga kekinian, disebut stok oksigen di Singkawang masih aman.

Baca Juga: Stok Oksigen untuk Pasien Covid-19 di RS Medan Cukup

Untuk memastikan ketersedian oksigen, Tjhai Chui Mie juga sudah menghubungi penyedia atau penjual di Kota Pontianak dan menyebutkan jika tabung oksigen akan dikirim ke Singkawang pada Minggu.

"Kemarin kita sudah cek ketersediaan tabung oksigen di beberapa rumah sakit, seperti RSUD Abdul Aziz Singkawang, RSUHB Singkawang, Santo Vincentius Singkawang dan DKT Singkawang. Berdasarkan pengecekan, di beberapa rumah sakit sudah tersedia tabung oksigen dan diharapkan bisa bertahan sampai beberapa hari ke depan," ujarnya.

Petugas melakukan pengisian ulang tabung oksigen ukuran satu meter kubik di kawasan Puspemkot Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (14/7/2021) ANTARA/Muhammad Iqbal
Petugas melakukan pengisian ulang tabung oksigen ukuran satu meter kubik di kawasan Puspemkot Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (14/7/2021) ANTARA/Muhammad Iqbal

Tabung oksigen yang akan dikirim ke Kota Singkawang dikabarkan ada sekitar 500-an tabung. Nantinya akan disebar di berbagai rumah sakit.

"Jumlah ini akan kita distribusikan ke seluruh rumah sakit yang menangani pasien Covid-19," ungkapnya.

Di sisi lain, direktur RSU Santo Vincentius Singkawang, Nurvanti mengatakan, ketersediaan tabung oksigen di rumah sakitnya memang terbatas.

Baca Juga: Geger Kasus Penimbunan, RSUD Singkawang Pastikan Stok Oksigen Aman

"Sabtu malam kami mendapatkan 20 tabung oksigen dari Pontianak. Namun Sabtu siang tersisa 6 tabung. Paling bertahannya hanya sampai Sabtu malam saja," katanya.

Baca Juga

Berita Terkait