facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PPKM Diperpanjang: Jawa-Bali Hingga 16 Agustus, Luar Jawa-Bali Sampai 23 Agustus

Pebriansyah Ariefana Senin, 09 Agustus 2021 | 20:32 WIB

PPKM Diperpanjang: Jawa-Bali Hingga 16 Agustus, Luar Jawa-Bali Sampai 23 Agustus
Ilustrasi PPKM Level 4. [Suara.com/Muhammad Yasir].

Penyebaran pandemi covid-19 di Pulau Jawa dan Bali masih terbilang tinggi dalam sepekan terakhir.

SuaraKalbar.id - PPKM Level 3-4 diperpanjang. PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga 16 Agustus. Sementara di luar Jawa-Bali hingga 23 Agustus.

Dalam pidato yang disiarkan secara langsung melalui YouTube, Senin (9/8/2021), Koordinator PPKM Darurat Pulau Jawa - Bali menegaskan, perpanjangan PPKM Level 4 itu masih diperlukan.

Sebab, penyebaran pandemi covid-19 di Pulau Jawa dan Bali masih terbilang tinggi dalam sepekan terakhir.

"Atas arahan Presiden RI, maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Pulau Jawa dan Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021," kata Luhut.

Luhut menjelaskan, penjelasan teknis serta aturan-aturan yang diberlakukan, akan dimaktubkan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca Juga: Mari Bersabar, PPKM Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

Sebelumnya, ahli epidemi atau epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono menyarankan agar PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali dan daerah lain untuk kembali diperpanjang.

Meski saat ini terjadi tren penurunan kasus Covid-19 berdasarkan menurunnya ingkat kapasitas keterisian tempat tidur perawatan atau bed occupancy ratio, menurutnya hal itu belum cukup untuk meyakinkan bahwa PPKM bisa dilonggarkan.

“Situasi belum banyak berubah. PPKM sesuai levelnya perlu dipertahankan,” tulis Pandu di akun Twitternya, Senin (9/8/2021).

“PPKM Level 3/4 perlu diperpanjang. Upaya restriksi pembatasan aktivitas penduduk melalui PPKM. (Karena) 3M masih rendah,” sambung Pandu.

Ia beralasan, PPKM lebih baik diperpanjang karena jumlah vaksinasi belum meningkat dan masih ditemukan masalah ketersediaan vaksin.

Baca Juga: BREAKING NEWS: PPKM Diperpanjang hingga 16 Agustus 2021

“Vaksinasi belum meningkat cepat, ada masalah ketersediaan vaksin. Tes-Lacak-Isolasi masih belum (maksimal), lemah,” jelas Pandu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait