alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Makanan Khas Pontianak yang Menggoyang Lidah

Husna Rahmayunita Kamis, 26 Agustus 2021 | 08:21 WIB

6 Makanan Khas Pontianak yang Menggoyang Lidah
Ilustrasi - Tau Suan, makanan khas Pontianak. (YouTube/The Meatmen Channel)

Dari sate kuah Pontianak hingga kue kantong semar.

SuaraKalbar.id - Dikenal sebagai ibu kota Kalimantan Barat, Pontianak memiliki kuliner khas. Makanan khas Pontianak ada beragam dan rasanya menggitang lidah.

Keberagaman suku bangsa di Indonesia juga memberikan pengaruh pada kuliner lokal suku asli atau kawasan setempat dengan citarasa serta memiliki keunikan yang dapat menjadi identitas dari tempat asalnya. 

Pontianak merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Barat yang memiliki beragam makanan khas dan tak boleh anda lewatkan ketika kamu tengah berada di Pontianak.

Berikut ini merupakan beberapa daftar makanan khas Pontianak yang kamu harus coba

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kapuas Hulu Tawarkan Citarasa Juara

1. Sate Kuah Pontianak

Sate kuah Pontianak, Kuline Khas Kota Khatulistiwa Pontianak. (Instagram/@satekuahpontianakbangane)
Sate kuah Pontianak, Kuline Khas Kota Khatulistiwa Pontianak. (Instagram/@satekuahpontianakbangane)

Kalau sate umumnya dibakar, ada penyajian yang berbeda dengan sate kuah Pontianak. Pasalnya sate khas Pontianak ini memiliki kuah layaknya di kuah kuning, inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik untuk mencoba sate kuah khas Pontianak.

Sate kuah Pontianak disebut juga dengan sate kuah rempah Pontianak dengan bahan dasar daging sapi pada umumnya atau juga daging lain sesuai dengan selera.  Daging mentah yang telah ditusuk kemudian dilumuri dengan bumbu rempah seperti air asam, gula merah, bawang putih, ketumbar, lada, garam, dan kecap, sehingga bumbu akan meresap ketika dibakar. Biasanya bumbu ini akan didiamkan semalaman agar rasa khasnya tercampur sempurna.

Setelah matang, sate disajikan dalam piring dilengkapi potongan lontong dan sedikit saus kacang, dan tentunya guyuran kuah kaldu dengan taburan bawang merah goreng, dan sedikit daun bawang.

2. Choipan

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Pontianak Hari Ini, Rabu 25 Agustus 2021

Anti Gagal, Begini Cara Membuat Chai Kue Alias Choipan Khas Pontianak. (Instagram/@choipanpanaspontianak)
Chai Kue Alias Choipan Khas Pontianak. (Instagram/@choipanpanaspontianak)

Makanan khas Pontianak selanjutnya adalah Choipan. Penampakan dari makanan khas Kalimantan satu ini sekilas mirip dengan pangsit atau gyoza dari jepang hanya kulitnya sangat lembut dan dapat dirasakan dari gigitan pertama dan menggunakan tepung sagu dan beras.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait