alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tercium Bau Telur Rebus atau Roti Panggang dari Kabin Mobil? Artinya Malah Bahaya

RR Ukirsari Manggalani Sabtu, 11 September 2021 | 21:26 WIB

Tercium Bau Telur Rebus atau Roti Panggang dari Kabin Mobil? Artinya Malah Bahaya
Ilustrasi telur rebus [Envato Elements].

Mungkin ada bebauan "enak" tercium saat mobil tengah melaju? Jangan anggap sepele.

SuaraKalbar.id - Saat menyetir mobil tercium bau rebusan telur atau roti panggang? Belum tentu kendaraan sedang lewat kawasan penjual makanan atau ada yang menyimpan camilan di kabin. Justru sebaliknya, ini salah satu tanda ada komponen mengalami kerusakan.

Dikutip kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraKalbar.id, dari laman Deltalube, salah satu penyebab mobil berbau seperti ini adalah pedal kopling untuk membantu proses perpindahan gigi atau persneling mengalami selip.

Nah, berikut adalah deteksi kerusakan mobil berdasarkan bau yang tercium dari dalam kabin saat tengah mengemudi:

Ilustrasi Tuas Persneling Mobil
Ilustrasi Tuas Persneling Mobil [Shutterstock].

Bau terbakar atau sangit

Baca Juga: Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Power Steering Mobil Terasa Lebih Berat

  • Pada saat melaju normal dan mencium bau mobil seperti terbakar, maka kemungkinan disebabkan adanya oli mesin yang masuk dan ikut terbakar di dalam ruang bakar.
  • Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan lelehan oli mesin yang panas di area mesin sehingga menyebabkan bau sangit seperti terbakar. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih detail.
  • Masalah yang terjadi pada sambungan-sambungan selang bisa juga jadi penyebab. Bisa pula dikarenakan pemasangan fuel pump yang kurang benar dan menyebabkan kebocoran. Jika terdapat komponen yang rusak dan perlu diganti, maka ganti komponen itu dengan komponen baru yang sesuai standar.

Bau mirip karpet terbakar

  • Jika mencium bau sangit seperti karpet terbakar, maka permasalahannya terdapat pada sistem rem atau fitur keselamatan lainnya. Untuk itu segera periksa komponen rem.

Bau seperti telur rebus atau telur busuk

  • Apabila tercium bau sangit yang mirip seperti telur busuk, kemungkinan besar permasalahannya ada pada catalytic converter. Untuk itu perbaiki bagian catalytic converter segera, jika kerusakan cukup parah mungkin segera ganti dengan komponen yang baru.
  • Penyebab lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah korslet pada sistem kelistrikan. Biasanya bau yang muncul mirip seperti bau roti gosong. Perlu segera ditangani agar tidak merembet ke komponen lain. Korslet bisa memicu terjadinya kebakaran dan sangat membahayakan.

Baca Juga

Berita Terkait