alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis 2021

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Senin, 13 September 2021 | 09:00 WIB

Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis 2021
Ilustrasi laptop. (Freepik)

Processor dengan kapasitas besar.

SuaraKalbar.id - Mengikuti perkembangan zaman, desain grafis menjadi salah satu jurusan kuliah dengan jumlah peminat cukup tinggi. Lalu apa saja sih yang dibutuhkan dalam kuliah desain grafis? Ya, benar, salah satu yang paling dibutuhkan jurusan ini adalah laptop. Berikut terdapat beberapa tips memilih laptop untuk desain baik untuk pemula atau mahasiswa dengan spesifikasi tinggi dan harga ramah di kantong. Ada berbagai merk laptop yang bisa Anda pilih untuk melakukan berbagai kebutuhan desain grafis. Tentu hal ini berarti memerlukan laptop dengan perangkat lengkap dengan berbagai fitur penunjang. Kalau Anda sudah tahu apa saja kebutuhan yang diperlukan dari sebuah laptop, tinggal mencari yang benar-benar pas. Tetapi kalau Anda masih bingung, silahkan intip tips memilih laptop untuk desain grafis berikut.

7 Tips Memilih Laptop untuk Designer Grafis di Tahun 2021

Ada beberapa poin yang perlu diketahui oleh Desain Grafis pemula atau yang masih duduk di bangku kuliah awal. Bidang desain memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi. Umumnya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentu saja biaya yang diperlukan cukup mahal. Banyaknya merek dan spesifikasi kadang membuat konsumen menjadi bingung saat membeli. Berikut terdapat beberapa tips memilih laptop yang bagus untuk designer grafis berikut ini.

1. Tingkat Penggunaan

Baca Juga: Tips Membeli Laptop untuk Mahasiswa Desain Grafis

Saat Anda membeli laptop pertimbangkan juga pemakaiannya. Mahasiswa atau pemula mungkin memerlukan laptop yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya sesuai dengan kegiatan sehari-hari. Tapi bisa juga Anda berpikir membeli laptop yang mahal dan lengkap sekarang untuk kebutuhan yang akan datang.

Sesuaikan pemakaian dengan pilihan laptop yang akan dibeli. Perlu diingat kalau Anda perlu membeli laptop yang handal sejak awal untuk menghindari penambahan lain-lain karena setelah dibeli baru diketahui kalau spesifikasinya kurang tinggi.

2. Processor Kapasitas Besar

Designer grafis akan perlu memakai berbagai software seperti CorelDraw, DreamWeaver dan lain sebagainya. Semakin tinggi perangkat lunak yang Anda gunakan, semakin tinggi pula tuntutan kerja prosesornya. Jadi, untuk memastikan aplikasi bisa digunakan dengan optimal, harus dilihat kapasitas prosesornya.

Untuk itu, laptop untuk desain grafis pemula perlu memiliki prosesor handal seperti Intel Core i3 atau pilihan lain yang lebih tinggi. Jadi, saat memakai software desain, kecil kemungkinan mengalami masalah seperti lambatnya kinerja laptop.

Baca Juga: 5 Cara Screenshoot di Laptop, Bisa Screenrecord Juga

3. Layar

Laptop untuk kebutuhan multimedia memerlukan layar yang nyaman untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan. Ada beberapa pilihan seperti panel layar model IPS, layar LCD atau LED. Tiap layar menawarkan keunggulan masing-masing. IPS memiliki akurasi tinggi, Layar LCD nyaman untuk mata dan LED tampilannya konsisten dari berbagai sudut pandang.

Pertimbangkan juga ukuran pixel yang 1920 x 1080 (full HD) atau yang lebih besar seperti quad HD atau 4K UHD. Layar dengan pixel yang tinggi sangat membantu ketika Anda diharuskan untuk melakukan berbagai kebutuhan desain.

4. Kapasitas Penyimpanan

Tips memilih laptop untuk desain terbaik adalah ukuran storage. Performa laptop bisa lancar atau lemot tergantung fitur ini. Kalau penyimpanan sudah penuh, Anda harus terus-menerus membersihkannya untuk memberikan ruang untuk desain berikutnya. Hal ini tentu bisa merepotkan kalau tugas Anda banyak dan laptop tidak bisa menampung semuanya.

Pilihan antara SSD dan HDD menentukan kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa beli laptop online dan memperhatikan bagian spesifikasi untuk mengetahui kapasitas penyimpanan dan juga keterangan penting lainnya. Jadi, Anda tahu dengan pasti berapa besar penyimpanan yang ideal.

5. RAM

Random Access Memory atau RAM adalah hardware yang menyimpan data sementara sesuai perangkatnya. Kinerja RAM mempengaruhi kinerja Anda sebagai design grafis. Jadi, dibutuhkan laptop dengan kapasitas minimal 4GB dengan model DDR3 atau DDR4.

Ketika melihat opsi RAM, lihat juga berapa banyak slot RAM yang dimiliki laptop untuk kemungkinan meng-upgrade kapasitas RAM di kemudian hari. Dengan RAM tinggi dan beberapa slot RAM, pekerjaan Anda sebagai seorang designer grafis akan sangat terbantu.

6. Grafik

Laptop gaming kerap disejajarkan untuk keperluan desain grafis. Hal ini ada benarnya mempertimbangkan GPU atau unit pemrosesan grafis dibutuhkan untuk memaksimalkan visualisasi laptop. Perhatikan VGA pada tingkatan 8 atau 12 yang cukup tinggi untuk kebutuhan main game atau desain.

Beli laptop Asus ROG adalah pilihan tepat bagi Anda yang suka bermain game dan juga seorang designer grafis. Ada juga merk laptop lain yang kompatibel untuk melakukan keduanya. Jadi, perhatikan spesifikasi tiap merk dengan seksama sebelum membeli.

7. Budget

Hal yang tidak bisa dipungkiri untuk tips memilih Laptop bagi Mahasiswa Desain Grafis adalah harga. Anda dengan anggaran terbatas karena masih mahasiswa dan belum bekerja full time tentu terbentur dengan harga ketika ingin membeli laptop yang paling mahal sesuai kebutuhan desain grafis.

Secara kisaran harga paling terjangkau dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk keperluan grafis adalah sebesar Rp4 jutaan. Laptop jenis Mac OS tentu jauh lebih mahal dibandingkan laptop dengan sistem operasi lainnya. Namun, laptop dengan OS tersebut akan lebih dapat jenis operasi lainnya seperti Windows. Temukan laptop yang Anda idamkan sesuai dengan budget.

Demikianlah beberapa tips memilih laptop untuk desain grafis. Pertimbangkan mulai dari prosesor, grafik, layar sampai harganya. Memang kebutuhan mahasiswa atau pemula akan berbeda dengan designer grafis yang mahir. Jadi masih bisa membeli laptop dengan harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang sudah bisa digunakan untuk kebutuhan desain. Oleh karena itu, perhatikan fitur yang memungkinkan upgrade sehingga spesifikasinya bisa ditingkatkan.

Penuhi kebutuhan desain grafis Anda dengan membeli melalui platform online di Blibli. Ada banyak pilihan laptop dan perangkat penunjang lainnya. Anda dapat memenuhi kebutuhan sebagai designer grafis pemula dengan membeli semua hanya melalui aplikasi Blibli.

Anda juga bisa menemukan berbagai elektronik atau kebutuhan desain lainnya. Belanja di Blibli mudah dan aman. Selain itu ada banyak penawaran menarik untuk waktu-waktu tertentu. Tunggu apa lagi? Yuk. Temukan kebutuhan Anda sekarang juga!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait