facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Transfer File iPhone ke Android Tanpa Ribet Aplikasi Tambahan

Pebriansyah Ariefana Senin, 13 September 2021 | 19:31 WIB

Cara Transfer File iPhone ke Android Tanpa Ribet Aplikasi Tambahan
iPhone dan Android

Hanya saja pada sisi antarmuka, tampilan, hingga pengoperasian di dalamnya terpaut cukup jauh beda. Sehingga terkadang membuat bingung di kalangan pengguna.

SuaraKalbar.id - Cara transfer file iPhone ke Android tanpa aplikasi tambahan. Melalui sistem operasi bernama iOS, iPhone salah satunya mempunyai dukungan yang cukup berbeda dalam mengurus file data tersimpan dibandingkan dengan handphone Android pada umumnya.

Perlu Anda ketahui jika iPhone dan Android mempunyai fitur yang hampir serupa.

Hanya saja pada sisi antarmuka, tampilan, hingga pengoperasian di dalamnya terpaut cukup jauh beda. Sehingga terkadang membuat bingung di kalangan pengguna.

Hal ini juga sering menjadi alasan seseorang kesulitan untuk berpindah perangkat. apalagi secara mendasar, iPhone dan Android tidak mempunyai dukungan transfer data yang mampu menghubungkannya secara langsung.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Speedometer di Google Maps, Bisa untuk Sepeda dan Motor

Cara transfer file iPhone ke Android adalah hal yang mudah dilakukan. Jangan khawatir. Semua masalah dan keterbatasan tersebut dapat dengan mudah diatasi menggunakan beberapa cara.

Ilustrasi Android Nougat. [Shutterstock]
Ilustrasi Android Nougat. [Shutterstock]

Lewat cara transfer file iPhone ke Android ini, tidak hanya bisa transfer berbagai macam data ke sesama platform saja tetapi juga lintas platform. Berikut cara transfer file iPhone ke Android yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Mengutip laman support.apple.com, sebelum mulai migrasi data, kamu harus memastikan beberapa tahapan seperti berikut ini.

  1. Pastikan Android terhubung dengan jaringan WiFi.
  2. Hubungkan perangkat iOS baru dan perangkat Android ke daya.
  3. Pastikan konten yang dipindahkan, termasuk konten dalam kartu Micro SD eksternal, akan muat tertampung di perangkat iOS baru.

Jika ingin memindahkan penanda Chrome, perbarui Chrome ke versi terbaru di perangkat Android.

Ilustrasi iPhone 13. [Macrumors]
Ilustrasi iPhone 13. [Macrumors]

Cara Transfer File iPhone ke Android

Baca Juga: Akhirnya! Apple Siap Merilis iPhone 13 dengan Penyimpanan Luas, 1TB

  1. Nyalakan iPhone, lalu pilih menu App & Data. Lalu, ketuk Pindahkan Data dari Android.
  2. Di HP Android, buka aplikasi Pindah ke iOS dan ketuk Lanjutkan. Baca syarat dan ketentuan yang muncul. Untuk melanjutkan, ketuk Setuju, lalu ketuk Berikutnya di sudut kanan atas layar Cari Kode kamu.
  3. Cara transfer file iPhone ke Android selanjutnya, ketuk Lanjutkan di layar yang disebut Pindah dari Android. Kemudian tunggu hingga muncul kode sepuluh digit atau enam digit. Jika perangkat Android menunjukkan peringatan bahwa koneksi Internet lemah, kamu dapat mengabaikan peringatannya.
  4. Masukkan kode di perangkat Android. Tunggu hingga layar Transfer Data muncul.
  5. Di HP Android, pilih konten yang ingin kamu transfer dan ketuk Berikutnya. Meskipun smartphone Android kamu menunjukkan bahwa prosesnya telah selesai, jangan gunakan kedua perangkat hingga bar pemuatan yang muncul di iPhone selesai. Keseluruhan proses transfer ini perlu waktu lama, tergantung pada jumlah konten yang kamu pindahkan.
  6. Setelah bar pemuatan selesai di perangkat iOS, ketuk Selesai di perangkat Android. Kemudian ketuk Lanjutkan di perangkat iOS dan ikuti langkah-langkah pada layar untuk menyelesaikan pengaturan untuk perangkat iOS.

Cara Transfer File iPhone ke Android Menggunakan Google Drive

  1. Unduh aplikasi Google Drive melalui Apple App Store
  2. Jalankan aplikasi jika sudah berhasil terpasang
  3. Buat akun atau login dengan akun Google yang dimiliki
  4. Cara transfer file iPhone ke Android, lalu klik Menu di pojok kiri atas
  5. Pilih menu Settings
  6. Masuk ke bagian Backup
  7. Ketuk tombol Backup
  8. Tunggu prosesnya selesai (jangan menutup aplikasi)
  9. Cara transfer file iPhone ke Android setelah selesai, buka aplikasi Google Drive di Android
  10. Login dengan akun yang sama seperti pada aplikasi iPhone
  11. Download juga aplikasi Google Contacts, Google Photos, dan Google Calendar jika membutuhkannya

Google Drive adalah salah satu solusi yang tak boleh dilewatkan jika kamu akan beralih dari iPhone ke Android. Proses transfer menggunakan Google Drive sayangnya dapat berjalan sangat lama tergantung besar data yang dimiliki pengguna.

Meski begitu, kamu harus menunggunya sampai selesai. zJangan menutupnya atau mematikan jaringan internet agar berhasil dilakukan.

(Afifah Cinthia Pasha)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait