alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Memandikan Anjing yang Benar

Pebriansyah Ariefana Sabtu, 25 September 2021 | 08:25 WIB

Cara Memandikan Anjing yang Benar
Memandikan Anjing. (Dok: Element Envanto)

Memandikan anjing tidak asal, perlu keterampilan. Sebab seperti halnya manusia, anjing juga perlu untuk mandi.

SuaraKalbar.id - Cara memandikan anjing yang benar perlu Anda ketahui. Memandikan anjing tidak asal, perlu keterampilan. Sebab seperti halnya manusia, anjing juga perlu untuk mandi.

Tapi, intensitas yang diperlukan anjing untuk mandi berbeda dan tidak sesering manusia. Ini karena mandi berlebihan bisa mengeringkan bulu dan kulit anjing.

Seberapa sering memandikan anjing tergantung pada jenis bulu, gaya hidup, atau kondisi kesehatan tertentu.

Kamu juga dapat menggunakan uji penciuman untuk menentukan apakah sudah waktunya anjing untuk mandi. Caranya dengan mencium anjing apakah sudah ada bau yang menyengat atau belum.

Baca Juga: Cara Mandi Wajib Laki-Laki, Lengkap dengan Doa Pendeknya

Beberapa anjing mungkin memerlukan lebih banyak sikat atau sisir daripada ras anjing lain seperti anjing yang memiliki bulu berlapis ganda (Labrador, Beagle, Huskies, dan lainnya) dan ras yang berbulu panjang.

Namun perlu diingat bahwa bagi beberapa anjing, mandi dapat menyebabkan kecemasan atau frustrasi. Tetapi beberapa taktik dapat membantu mengelola stres selama mandi. Dilansir dari Purina, inilah cara dan tips untuk Anda memandikan anjing.

Yang butuhkan yaitu:

  • Camilan
  • Sisir atau sikat anjing
  • Shampo yang aman untuk anjing (shampo penghilang kerontokan untuk anjing ras berlapis ganda)
  • Kondisioner yang aman untuk anjing (untuk anjing berbulu panjang dan kondisioner penghilang bulu untuk anjing ras berlapis ganda)
  • Cangkir bilas (jika Anda tidak memiliki pancuran yang bisa dilepas)
  • Handuk
  • Pengering anjing

Kunci sukses mandi adalah persiapan. Setelah mengumpulkan persediaan, Anda pasti ingin menyiapkan tempat. Pastikan semua perlengkapan Anda ada di area mandi. Siapkan juga air mandi, letakkan alas anti selip di bak mandi atau wastafel. Juga, periksa air untuk memastikan suhunya nyaman.

Selanjutnya, persiapkan anjing Anda. Sikat dia untuk membantu menghilangkan rambut lepas, kotoran, dan kusut. Setelah selesai, undang anjing Anda ke dalam ruangan dan tutup pintunya.

Baca Juga: Cara Mandi Wajib Laki-laki dan Doanya

Mulailah dengan menempatkan anjing Anda dengan lembut di bak mandi atau wastafel. Membasahi tubuhnya secara perlahan, mulai dari kaki belakangnya untuk membiasakannya. Memberinya hadiah saat semuanya dimulai mungkin merupakan cara yang bagus untuk mengalihkan perhatiannya. Mengolesi selai kacang, keju, atau makanan ringan favorit lainnya di dinding juga bisa berfungsi sebagai pengalih perhatian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait