alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cukup Praktis, Ini Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 19 November 2021 | 09:45 WIB

Cukup Praktis, Ini Cara Membuat Google Form dengan Mudah
Cara membuat Google Form untuk penelitian skripsi, tesis dan disertasi.

Yuk simak cara membuat Google Form dengan praktis? Simak ulasan berikut ini ya!

SuaraKalbar.id - Kini membuat Google Form penting sangat penting untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Begini cara membuat Google Form dengan praktis. 

Google Form atau Google Formulir menjadi wadah membuat formulir dan kuisioner online secara gratis, yang bisa diakses dengan mudah oleh banyak orang.

Bagi Anda yang tengah membutuhkan survei ataupun data penelitian, Google Form bisa menjadi salah satu media voting alternatif di era kekinian.

Selain mudah dan cepat, Google Form juga gratis serta terjamin keamanan datanya. Sebab, isi Google Form langsung masuk di dalam Google Drive.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form dengan Cepat

Sebelum membuat Google Form, Anda perlu menyiapkan koneksi internet dan akun Google terlebih dahulu.

Cara membuat Google Form untuk penelitian skripsi, tesis dan disertasi.
Cara membuat Google Form untuk penelitian skripsi, tesis dan disertasi.

Nah, berikut ini langkah membuat Google Form dengan cepat, mudah, dan praktis.

  1. Buat akun Gmail terlebih dahulu.
  2. Jika sudah memiliki akun gmail, langkah berikutnya ialah mengakses situs Google Form di https://docs.google.com/forms/.
  3. Pilih template formulir yang Anda inginkan. Pastikan template tersebut telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
  4. Jika ingin membuat sendiri template yang diinginkan, Anda bisa mengklik menu '+' yang ada di pojok kiri Google Form. Menu ini berguna untuk blank page atau halaman kosong yang bisa dikreasikan sesuai keinginan Anda.
  5. Setelah memilih template yang diinginkan, langkah selanjutnya ialah klik 'Untitled Form', kemudian isi judul kuesioner yang akan dibuat. Lalu, isi Form Description untuk menjelaskan tentang kuesioner yang akan diisi. Misalnya, menjelaskan tujuan dan maksud dari kuesioner yang Anda buat, supaya memudahkan responden.
  6. Pilih jenis pertanyaan yang ingin Anda gunakan pada kuesioner. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan jawaban pilihan ganda, maka silakan klik (Multiple Choice). Anda juga bisa mengatur kuesioner menjadi jawaban panjang berbentuk paragraf. Selain itu, pada Google Form juga terdapat pilihan jawaban Kotak Centang (Check Boxes) dan Naik Turun (Dropdown).
  7. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan berikutnya, cukup dengan klik tanda '+' pada bagian kanan.
  8. Agar kuesioner semakin jelas dan menarik, Anda juga bisa menambahkan foto atau dokumen dengan menu 'Send' atau 'Kirim' pada pojok kanan atas.
  9. Setelah selesai membuat kuisioner, langkah berikutnya ialah membagikan link Google Form ke responden.
  10. Jika link atau url Google Form dirasa terlalu panjang, Anda bisa memendekkannya dengan mengklik 'Shortcut URL' atau 'Perpendek URL' diikuti dengan 'Copy' atau 'Salin'.
  11. Nah, langkah terakhir dari cara membuat Google Form ialah mengecek kuisioner yang telah atau jawaban responden, klik menu 'Tanggapan' padan sebelah kanan.

Itulah cara membuat Google Form dengan cepat, praktis, dan mudah. Selamat mencoba!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait