alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dari 5 Jenis Vaksin Booster yang Digunakan Pemerintah, di Pontianak Hanya Tersedia 3 Jenis Saja

Bella Rabu, 12 Januari 2022 | 21:50 WIB

Dari 5 Jenis Vaksin Booster yang Digunakan Pemerintah, di Pontianak Hanya Tersedia 3 Jenis Saja
Ilustrasi vaksin (Pexels)

Ketiga jenis vaksin itu, yakni sinovac, pfizer dan moderna yang dikhususkan untuk dosis ketiga atau booster.

SuaraKalbar.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, menyebutkan, untuk di Kota Pontianak, hanya tersedia tiga jenis vaksin covid-19.

Ketiga jenis vaksin itu, yakni sinovac, pfizer dan moderna yang dikhususkan untuk dosis ketiga atau booster, menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin.

"Jadi masyarakat tidak boleh memilih-milih jenis vaksin sebab kalau masyarakat memilih-milih jenis vaksin maka kita akan kesulitan untuk mendistribusikannya," kata Sidiq, melansir Antara, Rabu (12/1/2022).

Sidiq menambahkan, untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster, penerima vaksin harus terlebih dahulu mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Baca Juga: Puluhan Warga Korsel Terinfeksi COVID-19 Usai Hadiri Pameran Dagang di Amerika

"Menurut penelitian, dalam kurun waktu enam bulan ada penurunan antibodi sehingga harus distimulasi lagi dengan dosis ketiga maka antibodi akan meningkat lagi," kata Sidiq.

Dirinya juga menjelaskan, dalam pemberian vaksinasi booster ini harus hati-hati. Sebab jenis vaksin ketiga atau booster bisa dengan jenis yang sama atau berbeda dari jenis vaksin sebelumnya.

"Pemberian dosis vaksin juga berbeda karena untuk beberapa jenis vaksin ada yang hanya diberikan setengah dari dosis," ungkapnya.

Adapun untuk Kota Pontianak, pemberian vaksin boostes hanya dapat dilakukan bagi lansia.

Hal itu lantaran, pemerintah pusat menggunakan data vaksinasi berdasarkan Nomor Induk Kependidukan (NIK), sehingga capaian vaksinasi di Kota Pontianak baru mencapai 67 persen dan lansia 49 persen.

Baca Juga: Penambahan 6 Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim Hari Ini, yang Sembuh Tidak Ada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait